Satuan lalu Lintas Polres Bangka Barat, Provinsi Kepulauan Bangka Belitung, memberikan 80 teguran kepada para pengendara yang melanggar aturan  selama sepekan pelaksanaan Operasi Keselamatan Menumbing 2023 yang digelar di daerah itu.

"Selain memberikan teguran, kami juga membagikan helm gratis kepada pengendara sepeda motor yang kebetulan terjaring petugas saat menggelar operasi tahunan tersebut," kata Kepala Satuan lalu Lintas Polres Bangka Barat AKP M Hardi di Mentok, Senin.

Sebanyak 80 teguran yang diberikan kepada pengendara yang melintas itu, terdiri dari 45 pengendara sepeda motor, 23 pengendara roda empat dan 12 pengendara roda enam. 

Operasi Keselamatan Menumbing 2023 dilaksanakan selama 14 hari dan akan berakhir pada Selasa (21/2).

Selain memberikan teguran kepada pengendara yang melintas, Satlantas juga memberikan helm berstandar nasional gratis kepada pengendara yang tidak memakai helm saat berkendara sebagai salah satu upaya meningkatkan kesadaran berkendara.

Dalam operasi menjelang operasi skala nasional dalam rangka menyukseskan pengamanan hari besar keagamaan Idul Fitri 2023 ini, Polres Bangka Barat mengedepankan fungsi preemtif dan preventif.

"Kami juga memberikan pembelajaran kepada masyarakat pengguna jalan menggunakan kelengkapan seperti helm, kelengkapan kendaraan dan kelengkapan pengendara lainnya," katanya. 

Selama operasi digelar, Satlantas Polres Bangka barat masih menemukan sejumlah pelanggaran, antara lain pengendara motor tidak menggunakan helm, muatan melebihi kapasitas, lalai menggunakan sabuk pengaman, kelengkapan kendaraan, kelengkapan pengendara dan melanggar rambu dan lainnya yang seluruhnya diberikan teguran dan pemahaman agar tidak mengulang.

"Jadi kita berikan teguran agar mereka tertib berkendara lebih mencintai keselamatan dalam berlalu lintas, kami mengimbau kepada seluruh pengendara selalu mematuhi aturan berlalu lintas karena keselamatan diri, pengendara lain dan masyarakat adalah hal yang paling paling utama," katanya.

Pewarta: Donatus Dasapurna Putranta

Editor : Bima Agustian


COPYRIGHT © ANTARA News Bangka Belitung 2023