Kepolisian Daerah Kepulauan Bangka Belitung melakukan tes urine mendadak kepada seluruh anggota di lingkungan Kepolisian Resor Bangka Barat guna meningkatkan sekaligus menegakkan kedisiplinan dan ketertiban personel.

"Tes urine dilaksanakan hari ini oleh tim Bidang Propam bersama Bidang Kedokteran dan Kesehatan Polda Babel kepada seluruh personel Polres Bangka Barat bersama Polsek jajaran," kata Kapolres Bangka Barat AKBP Catur Prasetiyo di Mentok, Selasa.

Menurut dia, pelaksanaan tes urine mendadak tersebut dilakukan Polda Babel sebagai salah satu upaya penegakan ketertiban dan kedisiplinan para personel yang ada di daerah itu.

"Dari hasil pemeriksaan urine tidak ditemukan anggota yang melanggar atau menggunakan narkotika maupun obat-obat terlarang lainnya," katanya.

Kedatangan Tim Bidang Propam Polda Babel dipimpin Kompol Yudha Wicaksono bertujuan untuk melakukan pembinaan internal Polri menuju Polri yang prediktif, responsibilitas, transparansi berkeadilan (Presisi), yang memiliki makna dengan upaya pendekatan pemolisian yang prediktif diharapkan bisa membangun kejelasan dari setiap permasalahan keamanan dalam menciptakan keteraturan sosial di tengah masyarakat.

Selain melakukan tes urine, tim juga melaksanakan pemeriksaan sikap tampang, seragam dan kartu tanda identitas diri para anggota Polres Bangka Barat, serta pengecekan kesehatan menyeluruh yang dilakukan Bidokkes Polda Babel.

Dia berharap dengan pelaksanaan kegiatan itu, seluruh anggota dapat meningkatkan kedisiplinan dan ketertiban pribadi serta menghindari pelanggaran sekecil apapun yang dapat merugikan diri sendiri.

"Kegiatan seperti ini sudah sering dilaksanakan secara rutin maupun mendadak sebagai upaya pencegahan pelanggaran disiplin anggota Polri," katanya.

Selain upaya meningkatkan kedisiplinan diri, diharapkan para personel juga bisa menjadi contoh yang baik bagi masyarakat selama menjalankan tugas dan fungsinya.

Pewarta: Donatus Dasapurna Putranta

Editor : Bima Agustian


COPYRIGHT © ANTARA News Bangka Belitung 2023