Komisi Pemilihan Umum Kabupaten Bangka Barat, Provinsi Kepulauan Bangka Belitung menyatakan calon legislatif yang akan diusung partai politik peserta pemilihan umum harus terdata dalam daftar calon pemilih Pemilu 2024.

"Aturannya memang demikian, untuk itu pastikan dulu para calon legislatif yang akan diusung sudah terdata dalam daftar pemilih atau belum, cek dan cermati dulu sebelum mendaftarkan diri sebagai bakal calon peserta," kata Ketua KPU kabupaten Bangka Barat Pardi di Mentok, Rabu.

Untuk menghindari beberapa persyaratan yang perlu diperhatikan oleh para pengurus partai politik dalam mengajukan daftar calon legislatif yang akan menjadi peserta Pemilu 2024, KPU Bangka Barat telah memberikan sosialisasi kepada pengurus parpol yang ada di daerah itu.

Ia mengingatkan kepada seluruh pengurus partai politik untuk mencermati aturan dan persyaratan saat menyusun bakal calon legislatif yang akan diusung agar tidak menimbulkan permasalahan di kemudian hari.

Selain memastikan diri sudah tercatat dalam daftar pemilih, para calon legislatif juga diwajibkan menyertakan surat keterangan sebagai pemilih yang dikeluarkan panitia pemungutan suara (PPS) yang ada di tingkat desa/kelurahan masing-masing sesuai alamat masing-masing sebagai salah satu syarat pencalonan.

"Saat ini kami melalui para petugas pemutakhiran data pemilih (Pantarlih) sedang menjalankan pencocokan dan penelitian kepada seluruh warga yang telah memiliki hak pilih untuk Pemilu 2024. Pastikan dahulu para bakal calon legislatif ini telah terdata sebagai pemilih," katanya.

KPU Bangka Barat dalam menjalankan proses pencocokan dan penelitian pemilih melibatkan sebanyak 369 orang pantarlih yang bertugas sesuai dengan tempat pemungutan suara, masing-masing satu orang pantarlih per TPS.

"Pemutakhiran data pemilih ini berlangsung sejak 12 Februari hingga 14 Maret 2023, tolong kawan-kawan parpol dan para calon legislatif selain memastikan para bakal calon legislatif yang akan diusung sudah masuk dan terdata sebagai pemilih, juga ikut mengawal proses pencocokan dan penelitian data tersebut agar data yang dihasilkan valid," katanya.

Pewarta: Donatus Dasapurna Putranta

Editor : Rustam Effendi


COPYRIGHT © ANTARA News Bangka Belitung 2023