Sekretaris Daerah (Sekda) Bangka Barat Muhamad Soleh mengapresiasi peringatan tragedi Perang Dunia II di Mentok merupakan dukungan PT Timah Tbk dalam menyukseskan wisata sejarah di wilayah bagian barat Provinsi Kepulauan Bangka Belitung.

"Dukungan PT Timah ini tentunya memberikan efek positif terhadap wisata sejarah di Mentok," kata Muhamad Soleh saat menghadiri ramah tamah dengan Kedubes Australia, Inggris dan Selandia Baru di Guest Unmet PT Timah Tbk Mentok, Jumat.

Ia mengatakan banyak dukungan yang diberikan PT Timah Tbk dalam peringatan peristiwa Perang Dunia II di Mentok, seperti fasilitasi museum dan ramah tamah dengan kedutaan besar dan keluarga tragedi perang dunia tersebut.

"Kami mengucapkan terima kasih kepada PT Timah atas dukungnya dengan kegiatan ini, selain fasilitas museum dan lainnya," ujarnya.

Baca juga: Australia Senang, Setiap Tahun PT Timah Tbk Dukung Peringatan Perang Dunia ke 2 di Mentok

Ia berharap peringatan peristiwa Perang Dunia II yang digelar setiap Februari tiap tahunnya dapat memberikan efek positif untuk pariwisata khususnya wisata sejarah di Bangka Barat.

"Muntok adalah kota tua memiliki sejarah panjang, mulai sejarah Perang dunia ke 2 di Pantai Raji, Sejarah Kemerdekaan Republik Indonesia yang menjadi tempat penggasingan tokoh kemerdekaan bangsa ini," katanya.

Ia berharap mudah-mudahan ini menjadi kenangan yang indah, ceritakan daerah kami ke negara bapak ibu sekalian, Bangka Barat memiliki wisata yang indah, serta ragam budayanya.

"Kami berharap para kedubes dan keluarga korban tragedi perang dunia II tidak hanya berwisata sejarah mengenang peristiwa tragedi Perang Dunia II saja, tetapi juga berwisata alam, kuliner, budaya dan lainnya di daerah ini," katanya.

Baca juga: Warga Mentok peringati tragedi Perang Dunia II di Pantai Radji

Baca juga: Pemkab Bangka Barat-MVG kembangkan pariwisata Mentok

Pewarta: Aprionis

Editor : Rustam Effendi


COPYRIGHT © ANTARA News Bangka Belitung 2023