Dinas Perindustrian dan Perdagangan (Disperindag) Provinsi Kepulauan Bangka Belitung (Babel) menggelar operasi pasar (OP) atau pasar murah pertama di awal tahun 2023, dalam rangka menstabilisasi kebutuhan pokok menjelang bulan Ramadhan dan Idul Fitri 1444 H.

"Di OP pertama ini kita bekerjasama dengan 2 distributor, Bulog dan EnGedi yang menawarkan sembako dengan harga termurah dari harga pasaran," kata Kepala Bidang Pengendalian Perdagangan dan Perlindungan Konsumen Disperindag Babel Fadjri Djagahitam di Pangkalpinang, Jumat.

Fadjri mengatakan, bekerjasama dengan dua distributor bahan pokok, di OP kali ini masyarakat di seputar Air Itam dan kantor Gubernur Babel dapat membeli sembako murah seperti beras bulog kualitas medium yang hanya Rp45 ribu per lima kilogram dan kualitas premium Rp65 ribu, gula pasir PSM Rp13.500, tepung terigu Rp12.500, minyak goreng kita Rp14 ribu untuk kemasan 1 liter dan Rp28 ribu untuk kemasan 2 liter.

Selain itu tersedia juga kebutuhan pokok lainnya seperti bawang merah, cabe keriting, sayuran, makanan beku dan produk kuliner juga tersedia karena Disperindag Babel berkolaborasi dengan Dinas Pertanian yang ikut menyediakan stand pasar tani untuk masyarakat.

Disperindag Babel menargetkan semua bahan pokok yang disediakan dalam operasi pasar ini dapat terjual dan masyarakat merasakan hadirnya operasi pasar ini meski untuk beberapa produk seperti minyak kita itu pembelian dibatasi hanya 4 liter per orang. 

"Bulog menyiapkan stok beras 5 kilogram sebanyak 1,5 ton dalam OP pertama ini. Begitu juga distributor EnGedi menyiapkan stok minyak goreng kita 1,2 ton dan semua stok ini habis terjual," ujarnya.

Operasi pasar ini akan terus dilaksanakan secara bertahap jangka mendekati Idul Fitri 1444H dan akan hadir juga di semua Kabupaten yang ada di Babel.

Pewarta: Elza Elvia

Editor : Bima Agustian


COPYRIGHT © ANTARA News Bangka Belitung 2023