Kelompok Sadar Wisata (POKDARWIS) Masyarakat Peduli Bukit Kukus (MPBK) bersama karyawan PT Timah bergotong royong menanam 3000 pohon di kawasan Bukit Kukus, Desa Air Belo, Kecamatan Bangka Barat, Jumat (17/2/2023).

Penanaman pohon ini sebagai upaya untuk pelestarian keanekaragaman hayati dan menjaga kelestarian kawasan wisata ini. Bukit Kukus merupakan kawasan wisata yang memiliki daya tarik pemandangan alam yang memukau dengan hutan alami.

Sekretaris Pokdarwis MPBK Caca mengatakan kawasan wisata Bukit Kukus sebelumnya sempat berhenti beroperasi karena Pandemi COVID-19  sehingga mereka terpaksa menutup sementara kawasan itu.

Selain itu, beberapa sarana dan prasarana yang sudah dibangun rusak, sehingga mereka kembali menata kawasan itu agar bisa dibuka kembali untuk menjadi salah satu objek wisata di Muntok.

"Penanaman Pohon bersama PT Timah adalah langkah awal untuk menghidupkan kembali kawasan wisata Bukit Kukus. Secara bertahap Pokdarwis akan memperbaiki sarana dan prasarana yang rusak," katanya.

Caca mengapresiasi PT Timah yang peduli dengan lingkungan, Ia berharap PT Timah dapat terus mendukung kegiatan Pokdarwis Bukit Kukus.

"Kita mengucapkan terima kasih kepada PT Timah atas kepeduliaannya terhadap lingkungan yang ada di Bukit Kukus. Kita berharap PT Timah dapat terus mendukung kami,untuk menghidupi kembali wisata ini," harapnya.

Sementara itu, Ketua Badan Permusyawaratan Desa (BPD) desa Air Belo Jumrin yang ikut serta di acara penanaman pohon di Bukit Kukus mendukung kegiatan. Ia yakin berkat semangat Pokdarwis dan dukungan semua pihak wisata Bukit Kukus bergairah kembali.

"Kami yakin semangat Pokdarwis masyarakat peduli Bukit Kukus menghidupkan kembali wisata ini akan segera terwujud. Kami juga berharap kepada semua pihak bisa mendukung, seperti hari ini yang dilakukan PT Timah selain memberikan bibit pohon, karyawannya ikut menanam pohon bersama masyarakat. Terimakasih PT Timah masyarakat merasakan keberadaan PT Timah," harapnya. 

Pewarta: Aprionis

Editor : Bima Agustian


COPYRIGHT © ANTARA News Bangka Belitung 2023