Bupati Bangka Barat Sukirman mengajak para kepala desa dan lurah cepat, efektif dan efisien dalam memberikan pelayanan serta mengikuti perkembangan situasi guna memberikan kepuasan kepada masyarakat.

"Dalam sistem pemerintahan di Indonesia, pemerintah daerah bersama pemerintah desa sebagai unsur terdepan harus mampu memberikan pelayanan kepada masyarakat dengan cepat, efektif dan efisien, serta tentunya mempunyai kedudukan dan peran yang sangat penting," kata Sukirman di Mentok, Kamis

Seiring perkembangan teknologi dan juga dinamika dalam pelaksanaan otonomi daerah, pemerintah daerah bersama pemerintah desa dituntut untuk lebih aspiratif, kreatif, inovatif dan cepat tanggap terhadap perkembangan situasi serta kondisi dalam kehidupan masyarakat.

Komitmen program yang berpihak pada rakyat sebagai dasar pembangunan, merupakan wujud keberpihakan kepada kelompok masyarakat sebagai akar rumput dalam piramida kependudukan yang berada di posisi paling bawah.

"Untuk itu saya mengajak pemerintah desa untuk membuat program pembangunan bagi masyarakat secara sistematis, terarah, terpadu, menyeluruh dan tanggap terhadap perubahan," katanya.

Wakil Bupati Bangka Barat Bong Ming Ming menambahkan bahwa para kepala desa dan lurah harus kreatif dalam menjalankan program dan kegiatan guna percepatan pembangunan di daerah itu.

"Kepala desa memiliki tugas besar, dan kami minta tidak hanya fokus pada program yang ditawarkan saat kampanye, namun juga idealnya mampu membawa masyarakat hidup lebih maju, sejahtera dan layak," kata Bong Ming Ming.

Untuk itu, para kepala desa dan lurah diminta lebih aktif, kreatif dan inovatif dalam memimpin daerah. 

Dengan memiliki semangat dan jiwa kreatif dan inovatif diharapkan para kepala desa mampu memajukan desa yang pada akhirnya demi meningkatkan perekonomian masyarakat.

Ia berharap pemerintah desa dapat mendukung program pemerintah kabupaten dalam mewujudkan Bangka Barat yang maju, sejahtera dan bermartabat.

"Kepala desa hendaknya dekat dengan rakyat, tanpa membedakan derajat dan martabat, mampu memahami dan menyerap aspirasi serta menjaga keutuhan dan keharmonisan masyarakat. Jangan sampai masyarakat terbelah dan terkotak-kotak, jalin kerja sama, koordinasi dan komunikasi yang baik dengan masyarakat dan semua pihak," kata Ming Ming.

Pewarta: Donatus Dasapurna Putranta

Editor : Bima Agustian


COPYRIGHT © ANTARA News Bangka Belitung 2023