Sebanyak 496 anak PAUD dan TK dari sepuluh lembaga pendidikan anak usia dini (PAUD) yang tergabung dalam gugus teratai Kota Pangkalpinang mengikuti gebyar Senam Profil Pancasila sebagai salah satu upaya menuju Implementasi Kurikulum Merdeka (IKM) dalam project penguatan profil pelajar pancasila (P5).

"Gebyar senam ini salah satu program kerja kami dari gugus teratai karena sudah dua tahun lalu selama COVID-19 kita tidak ada kegiatan sama sekali," kata Ketua Gugus Teratai Dartini di Pangkalpinang, Jumat.

Dartini mengatakan saat ini lembaga PAUD diwajibkan menuju Implementasi Kurikulum Merdeka (IKM) dalam Project Penguatan Profil Pelajar Pancasila (P5) sehingga secara bertahap lembaga PAUD harus menyesuaikan penggunaan IKM P5 ini.

Ada 10 lembaga PAUD yang tergabung di Gugus Tarwtai Kota Pangkalpinang, yakni TK Pembina 1, PAUD As-Syukur, SKB Ceria, TPA Permata Hati, Pos PAUD Etika , TK Baitul Muhtaddin, TK Daarul Azkar, TK Khalifah 1 Babel dan TK Al-Bina Pangkalpinang. 

Untuk pelaksanaan kegiatan di PAUD, pemerintah menetapkan tema-tema utama yang dapat dikerucutkan menjadi topik oleh satuan pendidikan sesuai dengan konteks wilayah serta karakteristik peserta didik. 

"Sepuluh lembaga PAUD kita sudah siap menerapkan IKM P5 ini, kita juga akan menggelar kegiatan pelatihan kompetensi untuk pendidik PAUD agar siap menerapkan IKM P5 ini," ujarnya.

Baca juga: Kesbangpol Bangka Tengah kaderisasi calon duta Pancasila

Baca juga: Kakanwil Kemenkumham Babel Hadiri Dialog Pembumian Pancasila Bersama BPIP

Baca juga: Babel - BPIP perkuat gotong royong membumikan Pancasila

Pewarta: Elza Elvia

Editor : Bima Agustian


COPYRIGHT © ANTARA News Bangka Belitung 2023