Badan Kesatuan Bangsa dan Politik Kabupaten Bangka Tengah, Provinsi Kepulauan Bangka Belitung, melakukan pengkaderisasi terhadap purna Paskibraka untuk menjadi duta Pancasila.

"Purna Paskibraka kita bina dan dilakukan pengkaderan untuk dipersiapkan menjadi duta Pancasila," kata Kepala Badan Kesbangpol Bangka Tengah Syamsul Komar di Koba, Selasa.

Duta Pancasila dipersiapkan menjadi model dan contoh di masyarakat sebagai generasi yang memiliki karakter, berjiwa pemimpin dan mampu memberikan contoh dalam menerapkan nilai-nilai luhur Pancasila.

"Justeru itu, pola rekrutmen anggota Paskibraka berbeda dengan tahun sebelumnya dan lebih selektif, untuk mempersiapkan purna Paskibraka sebagai duta Pancasila," katanya.

Baca juga: Kakanwil Kemenkumham Babel Hadiri Dialog Pembumian Pancasila Bersama BPIP

Ia mengatakan, purna paskibraka menjadi duta Pancasila berperan untuk mengharumkan nama bangsa dan menjadi ikonik dan dapat menjadi contoh teladan dalam kehidupan bermasyarakat berlandaskan Pancasila.

"Duta Pancasila ini terus dibina dan dibekali ilmu tentang wawasan kebangsaan agar terpatri dalam sanubarinya jiwa patriotisme, berkarakter dan berjiwa pemimpin," ujarnya.

Para duta Pancasila ini kata dia akan disematkan atribut tertentu dan dilibatkan dalam berbagai kegiatan pembangunan.

Baca juga: Babel - BPIP perkuat gotong royong membumikan Pancasila

"Peran duta Pancasila diharapkan menjadi teladan dalam mengaktualisasikan nilai-nilai Pancasila di berbagai kegiatan di masyarakat," katanya.

Menurut dia, setiap purna Paskibraka secara otomatis menjadi duta Pancasila yang menjadi teladan yang mengedepankan kejujuran, berperilaku positif dan menjadi garda terdepan dalam menjaga kedaulatan NKRI.

"Adanya duta Pancasila ini untuk menjaga kesinambungan dan tidak dibatasi ruang dan waktu," ujarnya.

Baca juga: Pemkot Pangkalpinang dorong tenaga pendidik perkuat pemahaman ideologi Pancasila

Pewarta: Ahmadi

Editor : Joko Susilo


COPYRIGHT © ANTARA News Bangka Belitung 2023