Ketua Komisi Pemilihan Umum (KPU) Provinsi Kepulauan Bangka Belitung Davitri menilai kirab Pemilu 2024 yang dilakukan oleh KPU Kepulauan Riau di wilayah Bangka Belitung dianggap efektif mengenalkan partai politik nasional peserta pemilu kepada masyarakat.

"Kirab Pemilu 2024 cukup efektif mengenalkan 18 parpol peserta pemilu karena langsung turun ke lapangan menemui masyarakat seperti di area umum, pasar dan di lembaga sekolah untuk memberikan pendidikan politik kepada pelajar tingkat SLTA sebagai calon pemilih pemula," kata Davitri di Sungailiat, Rabu usai menyambut peserta kirab Pemilu 2024 dari KPU Kepulauan Riau.

Selain mengenalkan partai nasional peserta pemilu 2024 mendatang, kata dia, tim kirab juga menyampaikan kepada masyarakat jadwal pelaksanaan pencoblosan pada 14 Februari 2024.

"Kirab Pemilu 2024 merupakan tahap awal KPU mengenalkan kepada masyarakat bahawa tahapan pelaksanaan Pemilu 2024 sudah dimulai dengan harapan masyarakat memberikan dukungan penuh," jelas dia.

Selain pelaksanaan kirab kata dia, sosialisasi Pemilu 2024 juga akan dilakukan oleh masing - masing KPU di daerah.

Kegiatan sosialisasi baik oleh tim kirab Pemilu 2024 maupun dari masing - masing KPU di daerah nantinya kata dia, memberikan dampak positif bagi parpol peserta pemilu karena membantu mengenalkan kepada masyarakat.

"Melalui sosialisasi ini juga sebagai langkah antisipasi jangan sampai ada partai politik lebih dahulu berkampanye mengenalkan partai nya ke masyarakat," ujar dia.

Davitri optimis dengan semakin banyak masyarakat mengenal partai politik nasional sebagai peserta pemilu, angka partisipasi pemilih pada Pemilu 2024 mendatang melampaui target pemilih tahun 2019 lalu.

"Pada Pemilu 2019 lalu, angka partisipasi pemilih di Bangka Belitung mencapai 78 persen atau melebihi target nasional yang saat itu ditetapkan 75,5 persen," kata dia.
 

Pewarta: Kasmono

Editor : Bima Agustian


COPYRIGHT © ANTARA News Bangka Belitung 2023