Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Bangka Provinsi Kepulauan Bangka Belitung menyambut peserta kirab Pemilu 2024 asal KPU Kepulauan Riau sebagai upaya memperkenalkan partai politik peserta Pemilu 2024 mendatang.

Ketua KPU Bangka M Hasan di Sungailiat, Rabu mengatakan peserta kirab Pemilu 2024 asal KPU Kepulauan Riau yang berada pada rute dua akan berkeliling di wilayah Kecamatan Sungailiat dan dilanjutkan memperkenalkan parpol peserta pemilu ke pelajar tingkat SLTA sederajat.

"Selama tiga hari tim Kirab Pemilu 2024 asal Kepulauan Riau yang terdiri dari KPU Kota Bintan dan Tanjung Pinang akan melakukan sosialisasi di sejumlah tempat dan sekolah yang sudah ditetapkan," kata dia.

Sementara Ketua KPU Provinsi Kepulauan Riau Widiyono Agung Sulistyo mengatakan kirab Pemilu 2024 dilakukan untuk menyambut satu tahun menuju hari pemungutan suara. Dengan mengusung tema, "Pemilu Sebagai Sarana Integritas Bangsa di Berbagai Lokasi Indonesia".

"Kirab Pemilu 2024 dilakukan di semua jalur sejak tanggal 14 Februari 2023 lalu, dan sebelum berkunjung ke KPU Kabupaten Bangka kami terlebih dahulu melakukan kirab di KPU Batam," jelasnya.

Selama perjalanan menuju Kabupaten Bangka kata dia, tim juga melakukan sosialisasi ke penumpang kapal penyeberangan mulai dari pelabuhan sampai ke dalam dag kapal.

"Diketahui dari ratusan penumpang kapal yang kami tumpangi menuju Pelabuhan Belinyu Kabupaten Bangka tidak semua mengetahui jumlah partai politik nasional yang ditetapkan sebagai peserta Pemilu 2024 mendatang," jelas dia.

Komisi Pemilihan Umum (KPU) RI menetapkan tujuh titik rute kirab Pemilu 2024 yakni yakni, KPU Kota Batam Provinsi Kepri, Komisi Independen Pemilihan (KIP) Aceh, KPU Pontianak Provinsi Kalimantan Barat, KPU Tanjung Selor Provinsi Kalimantan Utara, KPU Kabupaten Morotai Provinsi Maluku Utara, KPU Kupang Provinsi NTT, dan KPU Jayapura Provinsi Papua.

Kirab Pemilu 2024 di Provinsi Bangka Belitung oleh KPU Kepulauan Riau akan berakhir di Kota Mentok Kabupaten Bangka Barat untuk selanjutnya menuju KPU Provinsi Sumatera Selatan di Kota Palembang.
 

Pewarta: Kasmono

Editor : Bima Agustian


COPYRIGHT © ANTARA News Bangka Belitung 2023