Relawan Bakti BUMN Batch III Tahun 2023 di Kabupaten Belitung, Provinsi Kepulauan Bangka Belitung telah menuntaskan misi untuk melaksanakan bakti sosial bersama PT Timah Tbk dari 7-10 Maret 2023.

Anggota holding Industri Pertambangan Indonesia MIND ID PT Timah Tbk menjadi PIC pelaksanaan Bakti BUMN di Desa Baru, Kecamatan Manggar, Kabupaten Belitung Timur.

Dalam melaksanakan rangkaian kegiatan Relawan Bakti BUMN Batch III ini PT Timah Tbk berkolaborasi dengan Pemerintah Desa Baru, Pokdarwis Serdang Berantai, yang turut menyukseskan kegiatan ini.

Sebelumya, 10 Perusahaan ikut dalam Bakti BUMN Beltim yakni PT Garuda Maintenance Facility Aero Asia Tbk, PT Bank Mandiri Tbk, PT Kereta Api Indonesia, PT Perusahaan Listrik Negara, PT Bank Syariah Indonesia Tbk, PT Kimia Farma, PT Bio Farma, PT Telekomunikasi Indonesia, PT Jaminan Kredit Indonesia, PT Kilang Pertamina Internasional.

Relawan bakti BUMN telah melaksanakan berbagai kegiatan bersama masyarakat dan untuk masyarakat Desa Baru, Kecamatan Manggar.

Perwakilan relawan bakti BUMN, Gita Oktaviani mengapresiasi Pemerintah Desa dan masyarakat Desa Baru sangat baik, sebab mereka membaur dan benar-benar hidup langsung dekat masyarakat.

"Perangkat desa sangat hangat menyambut kita semua dan warganya ramah-ramah, kita merasa sangat baik warga di sini," katanya.

Menurut Gita, mereka merasa senang bisa langsung berkontribusi untuk masyarakat Desa Baru, lalu ia merasakan langsung bahwa antusias masyarakat sangat luar biasa bersama mereka melaksanakan bakti BUMN itu.

"Kita lihat langsung mereka ceria ketika mendapatkan pelayanan kesehatan gratis oleh PT Timah Tbk kemarin," sebut karyawan PT BSI Tbk itu.

Gita berharap, program mobil sehat PT Timah Tbk agar terus dilaksanakan di Beltim, bahkan ia menyatakan sangat ingin kembali berkontribusi untuk Desa Baru itu.

"Saya harap program ini bisa berlanjut, saya dan relawan akan melaksanakan program lanjutan terlepas dari program bakti BUMN ini," paparnya.

Kemudian ia juga mengapresiasi PT Timah Tbk sebagai PIC pelaksanaan relawan bakti BUMN Beltim, mulai dari penyusunan agenda, penyambutan, rangkaian agenda hingga penutupan acara.

"Semoga PT Timah Tbk bisa semakin jaya, maju dan sukses dalam segala program kegiatan, dalam melibatkan masyarakat," tandasnya.

Sementara itu, Ketua Pokdarwis Serdang Berantai Toto Iswanto mengatakan kegiatan relawan bakti BUMN yang dilaksanakan PT Timah Tbk itu sangat berdampak besar terhadap pariwisata.

Apalagi, relawan itu berasal dari berbagai daerah Indonesia, tentunya itu momentum guna melakukan promo destinasi wisata Desa Baru.

"Adanya mereka itu, mereka corong promosi kita, hal kecil mereka posting foto di medsos masing-masing itu bisa berdampak positif nantinya," kata Toto.

Ia menilai, kegiatan ini sangat membantu masyarakat, terutama masyarakat berobat gratis di mobil sehat PT Timah Tbk.

Lalu, ia juga mengapresiasi PT Timah Tbk telah sukses melaksanakan relawan bakti BUMN di Desa Baru, karena agenda ini sangat bermanfaat untuk semua masyarakat.

Menurut Toto, kedatangan relawan BUMN itu sangat membantu mereka mengembangkan potensi wisata, sebab produksi wisata mereka itu melibatkan masyarakat, seperti home stay, dan lain-lainnya.

Selain itu, selama kegiatan mereka selalu menitipkan produksi wisata setiap hari pelaksanaan untuk relawan bakti BUMN seperti berlayar perahu kater, menunggu nelayan pulang melaut, bakar-bakar ikan dan belajar bermain hadrah serta eksplor manggrove.

"Jadi relawan itu membaur dengan masyarakat, dan respon masyarakat itu positif," tandasnya. 

Pewarta: Aprionis

Editor : Bima Agustian


COPYRIGHT © ANTARA News Bangka Belitung 2023