Bupati Bangka Mulkan menginginkan Komite Nasional Pemuda Indonesia (KNPI) di daerah itu mampu memfasilitasi terciptanya lapangan kerja untuk masyarakat setempat.

"Sebagai organisasi pemuda mitra pemerintah, saya menginginkan KNPI ikut berperan memfasilitasi terciptanya lapangan kerja bagi pemuda dan masyarakat," kata dia di Sungailiat, Kabupaten Bangka, Provinsi Kepulauan Bangka Belitung, Jumat.

Ia menyatakan optimistis dengan kemampuan dan semangat pengurus dan anggota KNPI setempat, mereka mampu membantu pemerintah dalam meningkatkan kesejahteraan masyarakat.

"Kami akan memperhatikan program kerja KNPI dalam mengaktualisasikan peranannya dalam pembangunan," kata dia.

Dengan kemampuan generasi muda di KNPI, katanya, dapat memberikan edukasi dan pendampingan kepada generasi muda yang lain agar lebih kreatif dan terampil sehingga memiliki motivasi besar untuk turun ke masyarakat serta membangun daerah.

"Hal yang membanggakan bagi saya adalah orang-orang muda di Kabupaten Bangka paling alergi dianggap sebagai pengangguran karena semua orang mengetahui bahwa semangat dan etos kerja pemuda telah teruji dalam sejarah. Terhadap anomali-anomali sosial kepemudaan itu perlu dilakukan pendekatan yang lebih kontekstual," kata dia.

Mulkan berharap, KNPI dapat mengembangkan organisasi kepemudaan secara profesional dan terus berkiprah dengan aktif dalam mengembangkan semangat patriotisme dan nasionalisme Negara Kesatuan Republik Indonesia.

"Saya berharap agar KNPI sebagai organisasi yang egaliter dan bukan organisasi yang elit maupun eksekutif," ujarnya.

Pewarta: Kasmono

Editor : Bima Agustian


COPYRIGHT © ANTARA News Bangka Belitung 2023