Bupati Bangka Tengah Provinsi Kepulauan Bangka Belitung Algafry Rahman mendorong pelaku usaha menghasilkan produk inovatif yang berkelanjutan.

"Pasar global menuntut kita untuk terus menghasilkan produk yang inovatif dan berkelanjutan sehingga tidak kalah bersaing," kata Algafry Rahman di Koba, Bangka Tengah,  Sabtu.

Bupati mengatakan bahwa pelaku usaha di daerah itu harus mengubah pola dan cara berpikir bagaimana cara membangun suatu peradaban kemajuan daerah yang benar-benar mengejar inovasi.

"Ke depan setiap kecamatan kita kembangkan sesuai dengan potensinya sendiri dan warga bisa menggali dan memanfaatkan potensi tersebut," katanya.

Beragam produk yang dihasilkan para pelaku usaha harus lebih kreatif dan penuh dengan inovasi sehingga minat pasar lebih tinggi.

"Jadi harus komitmen agar suatu produk tetap sustainable supaya tidak kalah saing dengan produk ritel yang mulai merambah pasar lokal," katanya.

Kepala Disperindagkop dan UMKM Bangka Tengah Ali Imron mengatakan para pelaku usaha harus bisa mengikuti perkembangan pasar.

"Pengembangan produk kreatif harus menyesuaikan dengan permintaan pasar dan mengutamakan mutu atau kualitas suatu produk," ujarnya.

Pihaknya terus mendorong dan membantu para pelaku usaha untuk bisa mengembangkan usaha dengan baik, sehingga bisa bersaing.

"Terutama pelaku usaha harus memperbaiki kemasan produk dan memanfaatkan pasar digital," katanya.

Pewarta: Ahmadi

Editor : Bima Agustian


COPYRIGHT © ANTARA News Bangka Belitung 2023