Bupati Bangka Mulkan mengatakan turnamen Catur Sahabat Rendra Basri selaras dengan program pemerintah daerah dalam mengembangkan bakat dan prestasi masyarakat melalui cabang olahraga.

"Saya berharap ke depannya dapat digelar kembali kejuaraan dengan peserta yang lebih banyak lagi," kata Mulkan di Sungailiat, Bangka Belitung, Senin.

Dalam kesempatan ini, Mulkan juga mengapresiasi kejuaraan  Turnamen Catur Sahabat Rendra Basri yang diikuti 170 orang peserta.

Baca juga: Robot catur menantang Grand Master Internasional

"Saya memberikan apresiasi besar atas suksesnya kejuaraan Open Turnamen Catur Sahabat Rendra Basri tingkat kabupaten, yang diselenggarakan pada Sabtu (11/3) lalu," kata Mulkan.

Dia menilai melalui turnamen ini tidak hanya menuntut sportivitas dan merebutkan juara, tetapi hal yang penting adalah membangun silaturahmi antar pemain yang berasal dari berbagai tempat.

"Dalam permainan catur seorang pemain tidak harus berfikir keras tetapi juga hendaknya mampu menahan emosi atau bersabar, jeli dan teliti sebelum mengambil keputusan," jelas dia.

Baca juga: Indonesia mengantongi satu medali emas pada Catur Cepat AYCC 2022

Rendra Basri mengatakan kejuaraan Turnamen Catur yang baru pertama kali digelar tingkat kabupaten sebagai upaya dirinya memberikan ruang bagi atlet catur daerah untuk berprestasi.

"Sebelumnya saya hanya merencanakan turnamen catur di masing - masing kecamatan, tetapi karena ada dorongan dari Persatuan Catur Seluruh Indonesia (Percasi) cabang Bangka untuk difasilitasi, akhirnya sepakat bahwa  Turnamen Catur digelar tingkat kabupaten dengan cakupan peserta lebih luas," jelas dia.

Dia mengatakan direncanakan kegiatan turnamen yang sama akan akan tetap dilanjutkan kembali dengan mempertimbangkan minat masyarakat cukup besar pada cabang olahraga catur.

Baca juga: Kapolres Bangka Barat ingatkan netralitas Polri pada Pilkades serentak

Pewarta: Kasmono

Editor : Joko Susilo


COPYRIGHT © ANTARA News Bangka Belitung 2023