Pemerintah Kabupaten Bangka, Provinsi Kepulauan Bangka Belitung, menggelar lomba cipta inovasi teknologi tepat guna (TTG) yang diikuti puluhan peserta dengan berbagai jenis hasil inovasi teknologi yang dikembangkan.

"Lomba teknologi tepat guna penting kami selenggarakan untuk mendorong masyarakat mengembangkan daya inovasi teknologi yang akan dimanfaatkan untuk meningkatkan dan mengembangkan kegiatan usaha ekonomi produktif dan kreatif berbasis kepada potensi unggulan daerah," kata Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (DPMD) Kabupaten Bangka Dalyan Amri di Sungailiat, Senin.

Pihaknya menilai dari aspek penggunaan alat yang dibuat, deskripsi, tidak merusak lingkungan bernilai ekonomi, harga terjangkau kepada masyarakat jika memang dilakukan perbaikan peralatan.

Baca juga: Komitmen dorong UMK naik kelas, Pertamina berikan hibah teknologi tepat guna

Dia berharap dari peserta lomba TTG ada suatu produk yang benar-benar dapat digunakan dan membantu usaha masyarakat karena diketahui melalui lomba novasi TTG untuk menjaring teknologi yang ada sesuai dengan kebutuhan masyarakat seperti di bidang pertanian, perkebunan dan yang lain.

Menurutnya, peserta yang berhasil meraih juara atau  dengan inovasi teknologi yang dianggap bermanfaat, ekonomis akan diikuti pada ajang lomba TTG tingkat provinsi.

Dalyan Amri berharap kreasi inovasi teknologi asal daerah itu berhasil meraih juara tingkat provinsi dan dipercaya diikuti pada tingkat nasional seperti lomba TTG tahun 2022 lalu.

Teknologi tepat guna merupakan hasil asli atau orisinil peserta dari ide baru atau pengembangan dari ide lama yang sudah ada yang dapat mendukung peningkatan kualitas hidup masyarakat di bidang sosial, ekonomi maupun lingkungan.

Baca juga: Disdik Babel dorong siswa ciptakan produk berteknologi modern

Pewarta: Kasmono

Editor : Joko Susilo


COPYRIGHT © ANTARA News Bangka Belitung 2023