Pemerintah Kabupaten Belitung Timur, Provinsi Kepulauan Bangka Belitung, menggelar operasi pasar (OP) murah untuk bahan kebutuhan pokok menjelang bulan suci Ramadhan 1444 Hijriah.

"OP ini kita gelar di seluruh kecamatan untuk stabilisasi harga bahan kebutuhan pokok jelang Ramadhan," kata Bupati Belitung Timur Burhanuddin saat membuka kegiatan OP di Kecamatan Simpang Renggiang, Selasa.

Burhanuddin menjelaskan kegiatan operasi pasar berkolaborasi dengan kelompok masyarakat dan para distributor sebagai pemasok komoditas pokok.

Baca juga: Bangka gelar operasi pasar menjelang Ramadhan 1444 H

"Menjelang Ramadhan harga bahan kebutuhan pokok cenderung naik karena tingginya permintaan, maka pemerintah hadir untuk melakukan intervensi pasar dan harga," katanya.

Ia mengatakan komoditas pokok yang dijual dalam operasi pasar dengan harga jauh lebih murah dibanding harga pasar.

"Jadwal operasi pasar murah selanjutnya yakni Gantung pada 14 Maret 2023, Damar pada 15 Maret 2023, Manggar pada 16 Maret 2023, Dendang 17 Maret 2023, Kelapa Kampit 20 Maret dan Simpang Pesak 21 Maret 2023," jelas Aan, sapaan akrab Bupati Belitung Timur ini

Baca juga: Belitung Timur segera menggelar operasi pasar murah

Dia mengatakan operasi pasar merupakan kegiatan rutin setiap tahun menjelang Ramadhan atau pada momentum tertentu, jika harga kebutuhan pokok mulai melonjak tajam.

"Ketika harga kebutuhan pokok mulai melonjak tajam seperti beras, minyak goreng, gula, tepung dan komoditas hortikultura, maka OP wajib kita gelar sebagai bentuk intervensi pemerintah terhadap kondisi yang ada," katanya.

Bupati tidak menampik kenaikan harga komoditas pokok ditentukan oleh permintaan dan itu terjadi pada momentum tertentu seperti menjelang Ramadhan dan menjelang Idul Fitri.

"Kenaikan harga barang kebutuhan pokok memang tidak bisa kita pungkiri, namun di sini pemerintah wajib melakukan upaya stabilisasi jangan sampai kenaikannya sulit dijangkau konsumen," ujarnya.

Baca juga: 1,2 ton MinyaKita terjual di pasar murah Disperindag Babel

Pewarta: Ahmadi

Editor : Joko Susilo


COPYRIGHT © ANTARA News Bangka Belitung 2023