Sebanyak 120 Guru Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) dan Taman kanak-kanak (TK) dari Kota Pangkalpinang dan Kabupaten Bangka serta Bangka tengah mengikuti workshop guru kreatif yang digelar oleh Faber Castell.

Mengusung tema "Ayo ajak anak bercerita", Faber Castell mengajak para pendidik untuk membangun kreativitas melalui kegiatan berkesenian guna mendorong tumbuhnya generasi kreatif di Indonesia melalui kampanye Art 4 All," kata Product Manager PT Faber-Castell International Indonesia, Richard Panelewen di Pangkalpinang, Rabu.

Ia mengatakan, seni dapat dinikmati oleh semua jenis umur tanpa batasan dan salah satu bentuk program Art4All dari Faber Castell adalah melalui kegiatan workshop guru, dimana para guru diajak untuk lebih kreatif dalam berkreasi menggunakan produk-produk Faber-Castell.

Kepedulian Faber-Castell atas lingkungan sudah lama menjadi sejarah panjang perusahaan, dengan mengelola hutan lestari yang menjadi sumber bahan baku kami di Prata-Brasil sejak 1980. Dimana hutan  sekitar 10.000 hektar (100 km²) tersebut tidak hanya menjadi sumber bahan baku namun juga merupakan tempat berlindung bagi ratusan hewan dan tumbuhan langka.

Faber-Castell mendorong guru kreatif karena peran guru menjadi sangat penting dalam mendorong kreativitas anak mengingat keseharian anak lebih banyak dihabiskan dalam lingkup lingkungan pendidikan.

"Guru adalah garda terdepan dalam pendidikan, oleh karena itu Faber-Castell mendorong keterlibatan guru untuk lebih kreatif sehingga hal tersebut pada akhirnya bisa disalurkan kepada murid-murid," terang Richard.

Promotion Koordinator Faber Castell Sumbagsel, Safrida mengatakan, workshop guru kreatif ini diharapkan bisa meningkatkan kompetensi para guru PAUD dan TK yang menjadi garda terdepan untuk dunia pendidikan.

"Di workshop ini kita mengedukasi mereka agar dapat membuat permainan untuk anak dengan kreatifitas seperti tarian. Kita juga memperkenalkan beberapa produk untuk anak preschool guna mendorong kecakapan visual dan kognitif mereka karena ada beberapa produk kita sudah bisa digunakan oleh Anak 0-4 tahun," ujarnya.

Plt Kepala Bidang PAUD dan PNM Dinas Pendidikan Kota Pangkalpinang, Effendi menyambut baik workshop guru kreatif yang digelar oleh Faber Castell dengan harapan dapat diimplementasikan oleh para pendidik PAUD dan TK ke peserta didik masing-masing.

"Kita sangat mengapresiasi dan berterimakasih kepada Faber Castell yang telah peduli mengembangkan kreatifitas pendidik anak usia dini. Semoga kegiatan ini terus berlanjut sehingga semua guru dapat terlibat," harapnya.

Hingga saat ini jumlah pendidik PAUD dan TK di Kota Pangkalpinang lebih dari 500 pendidik yang tergabung di 108 Lembaga dengan empat kategori, KB, TK, TPA dan SNS.

Pewarta: Elza Elvia

Editor : Bima Agustian


COPYRIGHT © ANTARA News Bangka Belitung 2023