Sebuah rumah milih warga di Kabupaten Bangka Provinsi Kepulauan Bangka Belitung terbakar akibat puntung rokok saat pemilik rumah tengah tertidur.

Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Bangka, Ridwan di Sungailiat, Kamis petang mengatakan rumah yang terbakar milik Marno terjadi pukul 16.45 WIB.

"Kebakaran bermula saat pemilik rumah tertidur tanpa menyadari puntung rokok yang diketahui masih ada api membakar tempat tidur dan menjalar ke bagian lain yang rawan terbakar," jelas Ridwan.

Akibat kebakaran tersebut korban mengalami kerugian mencapai jutaan rupiah karena perabot rumah seperti kipas angin, atap asbes, lantai rumah yang berbahan papan juga ikut terbakar.

Api yang membakar rumah korban berhasil dipadamkan oleh petugas kebakaran dan petugas unit reaksi cepat BPBD Bangka dibantu warga setempat.

"Dalam menjalan tugas pelayanan keselamatan masyarakat yang mengalami musibah kebakaran, kami dengan masif berkoordinasi dengan pihak pemadam kebakaran karena BPBD tidak memiliki fasilitas pemadam kebakaran," ujar Ridwan.

Musibah bencana kebakaran rumah milik Marno menjadi perhatian seluruh masyarakat agar tetap mewaspadai keselamatan saat merokok atau hal lain yang berpotensi mengakibatkan kebakaran.

"Saya ingatkan seluruh masyarakat jika terjadi musibah bencana di lingkungan segera melapor ke aparat desa terdekat atau langsung ke petugas jaga BPBD yang di buka 24 jam," katanya.

Pewarta: Kasmono

Editor : Bima Agustian


COPYRIGHT © ANTARA News Bangka Belitung 2023