Penjabat Gubernur Provinsi Kepulauan Bangka Belitung mengajak Gubernur Lembaga Ketahanan Nasional (Lemhanas) RI meninjau smelter pengolahan bijih timah guna menunjukkan upaya dari Pemerintah Provinsi Kepulauan Bangka Belitung dalam mengolah bijih timah.

"Kami melaksanakan peninjauan ke smelter PT Venus Inti Perkasa (VIP) yang berada di Ketapang," kata Pj Gubernur Babel Ridwan Djamaluddin di Pangkalpinang, Jum'at.

Ia mengatakan Pemprov Babell ingin memperlihatkan pada Gubernur Lemhanas RI bahwa di Babel ada smelter sebagai salah satu upaya untuk mengolah dari bijih timah menjadi balok timah.

"Kita kasih lihat proses-prosesnya, termasuk bagaimana kita mencetaknya, mengirimnya, inilah yang diekspor, biar jelas," katanya.

Ia menyampaikan kunjungan dari Gubernur Lemhanas RI merupakan suatu hal yang baik, terutama untuk kemajuan Provinsi Kepulauan Bangka Belitung.

"Kunjungan oleh Gubernur Lemhanas merupakan kunjungan yang baik karena Pak Gubernur ingin meningkatkan nilai manfaat dari Timah yang ada, termasuk untuk generasi yang akan datang. Ketika disebut mineral strategis, itu pemanfaatannya menjadi strategis," katanya.

Sementara itu Gubernur Lemhanas RI Andi Widjajanto membenarkan kedatangannya bersama tim ke tanah yang kaya akan Timah ini untuk membahas tentang banyak hal terkait timah, terutama tata kelolanya.

"Yang kita bahas tadi di FGD adalah bagaimana kita menjadikan timah sebagai komoditas strategis sehingga kita bisa menargetkan Indonesia menjadi pemain besar timah di dunia. Untuk itu PR-nya adalah mengatur kembali tata kelola penambangan timah dari hulu ke hilir," katanya.

Oleh karena itu Pj Gubernur Babel Ridwan Djamaluddin menaruh harapan dengan adanya diskusi pada hari ini agar dapat melahirkan kesepakatan yang membuat tata kelola timah di Provinsi Kepulauan Bangka Belitung menjadi lebih tertata.

Pewarta: Chandrika Purnama Dewi

Editor : Rustam Effendi


COPYRIGHT © ANTARA News Bangka Belitung 2023