Kepolisian Resor Bangka Tengah, Provinsi Kepulauan Bangka Belitung, menyosialisasikan sikap netralitas anggota kepolisian dalam Pemilu 2024.

"Netralitas berpolitik perlu kita sosialisasikan kepada anggota terutama kepada petugas babinkamtibmas, jangan sampai terlibat politik praktis," kata Kepala Bagian SDM Polres Bangka Tengah Kompol Jon Fitter Tampubolon di Koba, Kamis.

Jon Fitter mengingatkan seluruh anggota jangan sampai terjebak ke dalam lingkaran politik praktis sehingga melalaikan tugasnya sebagai aparat keamanan.

"Saya mengingatkan seluruh anggota kepolisian untuk fokus pada tugas pengamanan Pemilu 2024 yang tahapannya cukup panjang," ujarnya.

Ia mengatakan babikamtibmas menjadi ujung tombak dalam menciptakan situasi kondusif di tengah masyarakat.

"Babinkamtibmas itu memiliki tugas memberikan rasa aman dan nyaman di masyarakat, jangan sampai terjadi sebaliknya malah menjadi pemicu konflik dalam pemilu," katanya.

Ketua Bawaslu Bangka Tengah Robianto mengatakan sosialisasi tentang pemahaman netralitas berpolitik bagi anggota kepolisian merupakan langkah awal yang baik.

"Tentu saja kegiatan sosialisasi terkait netralitas polisi sebagai upaya Polres Bangka Tengah mempersiapkan diri mengawal pelaksanaan pemilu serentak," ujarnya.

Robianto mengatakan tahapan pemilu cukup panjang sehingga membutuhkan perhatian lebih dari pihak kepolisian dalam melakukan pengamanan.

"Nanti kita upayakan ada kerja sama yang baik dengan Polres Bangka Tengah terkait sosialisasi netralitas politik, sehingga bisa dilaksanakan secara bersamaan dan berkesinambungan," ujarnya.

Pewarta: Ahmadi

Editor : Bima Agustian


COPYRIGHT © ANTARA News Bangka Belitung 2023