Kepolisian Resor Bangka Barat, Provinsi Kepulauan Bangka Belitung telah menyiapkan sejumlah kendaraan operasional yang akan digunakan untuk mendukung tugas pelaksanaan pengamanan Pemilu 2024.

"Persiapan awal sudah kita mulai sejak sekarang, termasuk menyiapkan dan memastikan seluruh kendaraan operasional dalam kondisi baik dan layak agar bisa mendukung pelaksanaan pengamanan seluruh tahapan pemilu yang sedang berjalan," kata Kapolres Bangka Barat AKBP Catur Prasetiyo di Mentok, Sabtu.

Menurut dia, pemeriksaan kendaraan bermotor untuk pengamanan Pemilu 2024 tidak hanya dilakukan kepada kendaraan operasional personel di Polres Bangka Barat, namun juga kendaraan di Polsek jajaran dan para bhabinkamtibmas.

Pemeriksaan tersebut meliputi sepeda motor dinas bhabinkamtibmas, mobil dinas Polres dan Polsek jajaran hingga kendaraan lainnya yang dilakukan di halaman Mapolres Bangka Barat.

"Persiapan ini dilakukan secara rutin berkala untuk menjaga kualitas, kenyamanan dan keamanan kendaraan. Kami ingin memastikan seluruh kendaraan operasional dalam kondisi siap digunakan setiap saat, seluruhnya harus dalam kondisi prima," katanya.

Berdasarkan hasil pemeriksaan yang dilakukan tim, tidak ditemukan adanya kendaraan yang rusak berat, seluruh kendaraan masih layak digunakan untuk mendukung operasional para personel.

Pemeriksaan sepeda motor dan mobil operasional tidak hanya dilakukan pada kondisi mesin dan fisik, namun juga kebersihan dan kelengkapan.

"Seluruh kendaraan bermotor dan alat komunikasi adalah sarana dan prasarana untuk mendukung pelayanan Polri kepada masyarakat, seluruh yang kita miliki dalam kondisi baik dan terawat," katanya.

Menurut dia, kendaraan dan alat komunikasi sangat berguna dalam pelaksanaan kegiatan operasi Kepolisian sehari hari, antara lain mendukung kegiatan rutin patroli, mendatangi TKP atau kegiatan Kepolisian lainnya.

Meskipun pemilu dan pilkada masih lama, lanjut Kapolres Bangka Barat, pemeriksaan kendaraan perlu dilakukan sebagai langkah antisipasi awal.

"Selain kendaraan operasional, para personel yang akan bertugas juga terus berlatih dengan melakukan simulasi maupun pelatihan teknis pengamanan agar mereka semakin siap mengawal pesta demokrasi yang tahapannya sekarang sudah berjalan," katanya.

Pewarta: Donatus Dasapurna Putranta

Editor : Rustam Effendi


COPYRIGHT © ANTARA News Bangka Belitung 2023