Distributor sembako di Provinsi Kepulauan Bangka Belitung menambah stok telur ayam 20,5 ton, guna memenuhi permintaan masyarakat selama bulan puasa Ramadhan 2023.

"Penambahan pasokan telur untuk memperkuat stok yang ada sebanyak 19 ton," kata Kepala Disperindag Provinsi Kepulauan Babel Tarmin AB di Pangkalpinang, Sabtu.

Ia mengatakan penambahan pasokan telur ayam ras sebanyak 20,5 ton ini akan dilakukan oleh distributor Acan 9 ton dan Akiun 11,5 ton untuk mengantisipasi kenaikan harga 
telur selama bulan puasa ramadhan yang cukup tinggi.

"Saat ini stok telur ayam ras di gudang distributor dan pedagang eceran masih mencukupi untuk memenuhi kebutuhan masyarakat," katanya.

Baca juga: Babel tambah stok telur ayam 27,5 ton

Ia menyatakan saat ini harga telur ayam ras di Pasar Pembangunan Pangkalpinang masih bertahan Rp31.450 per kilogram atau Rp1.900 per butir.

Sementara itu harga telur ayam kampung turun menjadi Rp65.000 dibadingkan sebelumnya Rp70.000 per kilogram, karena permintaan masyarakat berkurang.

Menurut dia, dalam menjaga stabilitas harga telur ini, pihaknya bersama tim jejaring pangan daerah terus melakukan pengawasan pasokan, stok dan harga telur ke gudang  distributor, pedagang pasar tradisional dan modern yang tersebar di kabupaten/kota.

"Kami terus berkoordinasi dengan distributor dan peternak di Pulau Sumatera serta Jawa dalam menjaga kelancaran pasokan dan stabilitas harga kebutuhan pokok masyarakat ini," katanya. 

Baca juga: Babel datangkan 640.000 telur/hari untuk konsumsi masyarakat

Baca juga: TPID Kota Pangkalpinang Inspeksi Distributor Beras, Telur dan Hortikultura

Pewarta: Aprionis

Editor : Joko Susilo


COPYRIGHT © ANTARA News Bangka Belitung 2023