Penjabat (Pj) Gubernur Kepulauan Bangka Belitung periode 2022 - 2023 Ridwan Djamaluddin berharap Pj Gubernur Kepulauan Babel periode 2023 - 2024 Suganda Pandapotan Pasaribu untuk fokus dan memperkuat pengawasan penambangan bijih timah.

"Selama ini penambangan ini menjadi fokus kita bersama untuk mendorong pembangunan dan ekonomi masyarakat," kata Ridwan Djamaluddin saat serah terima memori jabatan Penjabat Gubernur Babel di Pangkalpinang, Selasa.

Ia mengatakan sektor pertambangan timah ini sebagai salah satu sektor andalan di Provinsi Kepulauan Bangka Belitung dan kami telah berupaya untuk memperkuat pengawasan dalam kegiatan pertambangan timah dan memastikan bahwa kegiatan pertambangan dilakukan secara berkelanjutan dan bertanggung jawab.

Baca juga: Ridwan serahkan memori jabatan Pj Gubernur Babel
Baca juga: Pj Gubernur Suganda terima memori jabatan

Selain itu, pihaknya telah meningkatkan penerapan teknologi modern dalam kegiatan penambangan timah untuk meminimalkan dampak lingkungan yang dihasilkan," ujarnya.

"Sebagai hasil dari pengawasan penambangan timah ini, produksi timah di daerah ini stabil dan juga berhasil menjaga kelestarian lingkungan," katanya.

Pj Gubernur Kepulauan Babel Suganda Pandapotan Pasaribu mengatakan ada beberapa sektor pembangunan di Babel yang perlu mendapatkan perhatian serius karena sektor-sektor tersebut merupakan sektor-sektor yang potensial seperti pertambangan, pariwisata dan pertanian.

"Sektor-sektor inilah kedepan yang akan terus kita tingkatkan dan diharapkan dari sektor ini nantinya akan bermunculan program-program pembangunan yang  strategis yang akan menjadi unggulan Kepulauan Babel," katanya.

Menurut dia agar sektor ini dapat berkembang dengan baik tentunya perlu ada suatu sinergi dengan para pelaku usaha pada sektor-sektor tersebut. Koordinasi dan konsolidasi harus lebih intens dilakukan.

"Perusahaan-perusahaan pertambangan, agen-agen travel, pelaku umkm, para petani, para pengusaha tambak, semua adalah mitra yang harus kita jaga hubungan baiknya dan kita support perkembangan usahanya karena pada akhirnya akan berdampak positif untuk pembangunan perekonomian daerah ini," katanya. 

Pewarta: Aprionis

Editor : Rustam Effendi


COPYRIGHT © ANTARA News Bangka Belitung 2023