Sebanyak 6.973 keluarga penerima manfaat (KPM) di Kabupaten Bangka Tengah, Provinsi Kepulauan Bangka Belitung, menerima bantuan beras untuk memenuhi kebutuhan pangan selama Ramadhan dan Idul Fitri 1444 Hijriyah.

"Kita salurkan bantuan sebanyak 10 kilogram per KPM yang tersebar pada seluruh atau enam kecamatan," kata Bupati Bangka Tengah Algafry Rahman di Koba, Sabtu.

Bupati menjelaskan, penyaluran bantuan beras tersebut merupakan persediaan cadangan pangan rakyat yang disalurkan untuk tiga bulan ke depan.

"Ini bagian dari upaya untuk mengantisipasi kerawanan pangan warga kurang mampu selama Ramadhan dan Idul Fitri," ujarnya.

Bupati menjelaskan, penyaluran cadangan pangan pemerintah merupakan instruksi langsung dari Presiden kepada Badan Pangan Nasional.

"Untuk di daerah bekerja sama dengan Perum Bulog dan PT Pos Indonesia yang bertugas sebagai transporter untuk mengantar bantuan ke titik penyerahan seperti kantor kelurahan atau desa," kata bupati.

Bantuan beras ini diberikan KPM agar rumah tangga/keluarga selalu memiliki akses terhadap keterjangkauan pangan dan mendapatkan pangan yang layak.

"Ini merupakan wujud dari kepedulian pemerintah kepada masyarakat akan kebutuhan pangan," ujarnya.

Ia berharap bantuan ini bisa memberikan manfaat bagi para KPM dalam mencukupi kebutuhan pangan.

"Ini juga upaya kita dalam mengentaskan kemisikinan, mencegah stunting dan pengendalian inflasi," ujarnya.

Adapun jumlah bantuan beras yang disalurkan ke setiap kecamatan di Bangka Tengah, yaitu Kecamatan Koba sebanyak 1.367 KPM, Kecamatan Lubuk Besar sebanyak 1.297 KPM, Kecamatan Namang sebanyak 776 KPM, Kecamatan Pangakalanbaru sebanyak 1.351 KPM, Kecamatan Simpangkatis sebanyak 967 KPM, dan Kecamatan Sungaiselan sebanyak 1.215 KPM.

Pewarta: Ahmadi

Editor : Bima Agustian


COPYRIGHT © ANTARA News Bangka Belitung 2023