Kapolres Bangka Barat, Provinsi Kepulauan Bangka Belitung, AKBP Catur Prasetiyo mengimbau para pemudik selalu mengutamakan keselamatan selama menempuh perjalanan mudik Idul Fitri 1444 Hijriah agar sampai ke daerah tujuan dengan aman, lancar, dan selamat.

"Kepada para pemudik, kami ingatkan agar selalu berhati-hati di jalan, senantiasa mengutamakan keselamatan saat berkendara, dan patuh pada peraturan lalu lintas," kata Catur Prasetiyo di Mentok, Bangka Barat, Senin.

Dia menjelaskan Polri bersama seluruh instansi terkait telah menyiapkan berbagai langkah strategis untuk membantu masyarakat yang melakukan perjalanan mudik dalam rangka libur Lebaran 2023.

"Jangan terlalu memaksakan diri saat berkendara. Jika lelah atau mengantuk, manfaatkan posko pelayanan untuk beristirahat," imbuhnya.

Di wilayah Kabupaten Bangka Barat, Catur menjelaskan pelayanan mudik diutamakan di kawasan Pelabuhan Tanjungkalian, Mentok, yang menjadi pintu gerbang utama jalur penyeberangan dari Pulau Bangka menuju Sumatera.

Pada jalur itu, setiap masa mudik lebaran, hari besar, dan hari libur panjang selalu terjadi antrean kendaraan yang akan menyeberang ke Pelabuhan Tanjungapiapi di Sumatera Selatan.

"Pada arus mudik kali ini, kami juga sudah menyiapkan posko pelayanan di Pelabuhan Tanjungkalian untuk membantu warga yang sedang mengantre penyeberangan kapal feri menuju Sumatera," jelasnya.

Selain mendirikan posko di lokasi itu, Polres Bangka Barat juga menyiapkan tiga posko pengamanan di kantong parkir kawasan Pantai Baturakit Mentok, di simpang Kecamatan kelapa, dan di Parittiga.

"Kami juga menugaskan para personel untuk selalu memantau aktivitas masyarakat di rumah ibadah, pusat keramaian, perkantoran, kantor bank, objek vital dan pusat perbelanjaan," kata Catur.

Guna memantapkan kesiapsiagaan petugas gabungan yang terlibat dalam pelayanan Operasi Ketupat Menumbing 2023, Polres bangka Barat bersama instansi terkait lainnya menggelar apel gelar pasukan di kawasan Pantai Baturakit Mentok, Senin.

Operasi itu digelar dalam rangka menciptakan keamanan, keselamatan, ketertiban, dan kelancaran lalu lintas selama pelayanan arus mudik dan balik.

Dalam operasi tersebut, Polres Bangka barat menyiapkan sebanyak 110 personel yang terlibat, ditambah dengan 179 petugas gabungan dari unsur TNI, Dinas Perhubungan, Satpol PP, BPBD, PMI dan tenaga kesehatan.

"Melalui apel gelar pasukan ini kami berharap para petugas yang terlibat siap dengan tugas masing-masing," ujar Catur.

Operasi Ketupat Menumbing 2023 digelar selama 14 hari, mulai 18 April hingga 1 Mei 2023. Operasi itu diawali dengan kegiatan rutin yang ditingkatkan yang sudah dilaksanakan pada 10-16 April 2023 dan dilanjutkan pascaoperasi mulai 2-9 Mei 2023.

Pewarta: Donatus Dasapurna Putranta

Editor : Rustam Effendi


COPYRIGHT © ANTARA News Bangka Belitung 2023