Kepala Kepolisian Resor Bangka Tengah, Provinsi Kepulauan Bangka Belitung AKBP Dwi Budi Murtiono menyampaikan lima tips aman bagi pelaku perjalanan mudik Lebaran Idul Fitri 1444 Hijriyah.

"Hari ini sesuai prediksi merupakan arus puncak perjalanan mudik lebaran, ada lima tips aman yang bisa diikuti bagi pelaku perjalanan mudik," ujarnya di Koba, Kamis.

Ia menjelaskan lima tips aman perjalanan mudik yaitu persiapkan fisik dan mental, mengikuti informasi terkini situasi mudik, hindari jalan rawan tindak kejahatan, patuhi tata tertib berlalu lintas dan pastikan kendaraan lebih layak jalan.

"Lima tips aman perjalanan mudik ini sudah kami sampaikan kepada masyarakat baik secara lisan maupun melalui selebaran," ujarnya.

Lima tips aman perjalanan mudik itu kata dia patut diikuti dan dipedomani, demi keamanan dan keselamatan selama melakukan perjalanan mudik.

"Terutama bagi mereka yang melakukan perjalanan mudik ke luar provinsi, tentu harus benar-benar melakukan persiapan lebih matang," ujarnya.

Pihaknya sudah mendirikan satu pos terpadu dan empat pos pelayanan untuk pengamanan arus mudik dan balik Lebaran Idul Fitri.

"Kami juga telah melakukan supervisi ke pos pengamanan (Pospam) dan pos pelayanan (Posyan) dan membagikan parsel kepada para petugas yang berjaga, agar mereka lebih semangat dalam menjalankan tugas," ujarnya.

Kapolres juga mengimbau jika ada masyarakat yang mengalami kendala dalam perjalanan mudik, bisa menghubungi sistem manajemen pelayanan pengaduan Polres Bangka Tengah.

"Jangan takut dan ragu, jika mengalami kendala dalam perjalanan mudik silahkan menghubungi 082177235173 dan kami siap membantu," katanya.

Pewarta: Ahmadi

Editor : Bima Agustian


COPYRIGHT © ANTARA News Bangka Belitung 2023