Bupati Bangka Tengah Provinsi Kepulauan Bangka Belitung Algafry Rahman mengingatkan peserta takbiran keliling untuk mematuhi ketertiban di jalan raya.

"Saya mengajak seluruh warga untuk menggemakan takbir baik di masjid maupun takbir keliling, namun diimbau dapat menjaga ketertiban di jalan raya sehingga tidak mengganggu kendaraan yang lewat," ujarnya di Koba, Jumat.

Pemkab Bangka Tengah menggelar takbir keliling dalam rangka menyambut hari kemenangan, 1 Syawal 1444 Hijriyah setelah tiga tahun ditiadakan karena pandemi COVID-19.

"Kita gemakan takbir di hari kemenangan ini dan saya mengajak segenap warga untuk turut meramaikan gema takbir keliling," ujarnya.

Kapolres Bangka Tengah AKBP Dwi Budi Murtiono mengatakan bahwa pihaknya mengerahkan personel khusus untuk pengamanan malam takbir keliling agar berjalan tertib dan lancar.

"Kita kawal kegiatan takbir keliling ini sampai selesai, terutama mengatur aru lalu lintas agar pelaksanaannya berjalan tertib dan lancar," ujarnya.

Ia mengatakan, pengamanan malam takbir merupakan bagian dari rangkaian operasi ketupat selain pengamanan arus mudik dan balik Lebaran Idul Fitri.

"Rangkaian pengamanan mulai dari malam takbir hingga pelaksanaan shalat Idul Fitri esok hari," ujarnya.

Pihaknya mengimbau kepada warga menggemakan takbir dengan tertib dan memperhatikan jarak bagi mereka yang bertakbir dengan menggunakan obor.

"Kita juga mengimbau warga tidak memainkan petasan dan kembang api di tengah kerumunan warga yang sedang melaksanakan takbir keliling," ujarnya.
 

Pewarta: Ahmadi

Editor : Joko Susilo


COPYRIGHT © ANTARA News Bangka Belitung 2023