Khatib Shalat Hari Raya Idul Fitri 1444 Hijriah H. Firmantasi mengajak seluruh warga Kota Pangkalpinang Provinsi Kepulauan Bangka Belitung menyatakan Hari Raya Idul Fitri merupakan kebahagiaan bersama yang hakiki umat Muslim khususnya Provinsi Kepulauan Bangka Belitung.

"Kita harus ingat bahwa sesama Muslim adalah bersaudara, dalam naungan ridho ilahi sudah semestinya berbuat baik kepada sesama dan semua," kata H. Firmantasi saat memberikan Khutbah Shalat Idul Fitri 2023 di Lapangan Merdeka Pangkalpinang, Sabtu.

Ia mengatakan persaudaraan seperti hubungan tangan kanan dan tangan kiri.

"Walaupun berbeda dan tidak sama namun harus saling membantu. Tak kenal iri hubungan keduanya saling harmonis dan saling berbagi peran dan saling melengkapi," katanya.

Ia menjelaskan tangan kiri tak akan menyakiti tangan kanan begitu juga sebaliknya tak sampai hati menyakiti tangan kiri.

Ia menambahkan apalagi di masa sulit seperti ini, kepekaan terhadap penderitaan orang lain harus terus disemai.

"Bantulah orang-orang lain yang sedang berada dalam kesulitan yang mereka hadapi, kepekaan sosial yang sudah ditanamkan dalam Ramadhan dengan merasakan lapar dan dahaga harus dilanjutkan kembali," katanya.

Menurut dia dengan hal itu umat Muslim harus menjadi Hari Raya Idul Fitri tahun ini sebagai momentum kebahagiaan bersama yang hakiki.

"Tidaklah seorang mukmin menghibur saudara yang terkena musibah yang menimpanya kecuali Allah akan mengenakan kepadanya pakaian-pakaian pemujaan di Hari Kiamat hadits riwayat Ibnu Majah," katanya. 

Pewarta: Aprionis/Chandrika Purnama Dewi

Editor : Bima Agustian


COPYRIGHT © ANTARA News Bangka Belitung 2023