Pangkalpinang (Antara Babel) - Gubernur Kepulauan Bangka Belitung, Rustam Effendi menyatakan pihaknya akan membantu usaha mikro kecil menengah (UMKM) meningkatkan kualitas kemasan produknya agar mampu bersaing di pasar global.

"Kita telah menyiapkan bantuan dana bergulir untuk membantu UMKM mengembangkan usaha secara mandiri," kata Rustam Effendi usai membuka pelatihan peningkatan sumber daya manusia bagi 50 pelaku UMKM di Pangkalpinang, Senin.

Ia mengatakan keberadaan UMKM sangat mendukung pergerakan perekonomian nasional dan hal itu telah terbukti bagaimana kuatnya sektor ini menghadapi krisis ekonomi.

"Saat krisis ekonomi banyak usaha-usaha berskala besar tidak mampu bertahan, berbeda dengan UMKM yang dapat bertahan dan menjalani usaha meski negeri ini tengah dilanda krisis," ujarnya.

Ia menilai peningkatan kemasan produk UMKM sangat penting mengingat masih banyak pelaku usaha yang tidak mampu bersaing karena kemasan produknya kurang menarik.

"Kita telah menyediakan ruang dan fasilitas untuk membantu pelaku UMKM memperindah bentuk dan model kemasan yang jaug lebih menarik," katanya menambahkan.

Menurut gubernur, produk UMKM ini dapat mendukung pengembangan sektor pariwisata. Selama ini, produk kuliner UMKM dapat meningkatkan kunjungan wisatawan, karena memiliki cita rasa yang khas.

"Kita tidak hanya terkenal dengan keindahan alam, budaya dan lainnya, tetapi juga terkenal dengan kuliner berbahan baku kekayaan laut," ujarnya.

Untuk itu, Rustam Effendi berharap seluruh komponen, lintas sektor dan pengusaha untuk mendukung perkembangan UMKM agar mereka bisa bersaing di pasar global dan mampu mendukung peningkatan kunjungan wisatawan ke daerah ini.

"Pelaku UMKM yang baru memulai usaha jangan malu untuk bertanya dan membinta agar dibina dan dilatih," ujarnya.

Pewarta: Aprionis

Editor : Mulki


COPYRIGHT © ANTARA News Bangka Belitung 2016