Kamar Dagang dan Industri (Kadin) Kabupaten Bangka, Provinsi Kepulauan Bangka Belitung memberikan layanan kesehatan gratis dari pintu ke pintu "door to door" bekerjasama dengan Siloam Pangkalpinang.

"Layanan kesehatan gratis dengan mendatangi langsung ke rumah warga atau pasien, guna membantu meringankan akses masyarakat mendapatkan hak kesehatan secara mudah yang menjadi kebutuhan dasar," kata Ketua Kadin Kabupaten Bangka, Kwartanto dalam keterangan, Kamis.

Program sosial layanan kesehatan gratis melibatkan petugas medis dari rumah sakit yang ditunjuk, difokuskan memeriksa kesehatan bagi 30 warga Lingkungan Parit Pekir Sungailiat.

"Pemberian layanan pemeriksaan gratis hari ini, merupakan program lanjutan yang sebelumnya sudah melakukan kegiatan serupa di daerah yang sama dan tempat lain," jelas dia.

Layanan kesehatan kepada masyarakat maupun program sosial yang lain, kata Kwartanto merupakan komitmen pihaknya dalam upaya membantu meningkatkan kesejahteraan masyarakat.

Pihaknya akan membawa pasien atau warga ke rumah sakit rujukan jika  hasil dianogsis medis mengharuskan penanganan kesehatan intensif.

"Kadin Bangka juga membantu bagi warga kurang mampu yang mengalami kendala pembayaran iuran BPJS, dengan syarat mendapat surat keterangan dari pemerintah setempat untuk memastikan yang bersangkutan benar-benar berhak menerima bantuan," ujar Kwartanto.

"Kami juga membantu menyediakan infrastruktur sanitasi dengan membangun bak sampah di lingkungan Parit Pekir karena dianggap kawasan padat penduduk sebagai langkah alternatif pencegahan stunting," katanya.

Kadin bersama dengan pemerintah dan memperkuat sinergi dengan berbagai pihak guna kepentingan pembangunan dan kesejahteraan masyarakat.

Pewarta: Kasmono

Editor : Bima Agustian


COPYRIGHT © ANTARA News Bangka Belitung 2023