Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) Pangkalpinang, Provinsi Kepulauan Bangka Belitung (Babel), memprakirakan akan terjadi hujan ringan saat pelaksanaan Sungailiat Triathlon 2023, pada Sabtu 13 Mei 2023.

"Diprakirakan saat pelaksanaan Sungailiat Triathlon 2023 yang dipusatkan di kawasan wisata Tanjung Pesona akan terjadi hujan ringan dan sejumlah wilayah di Kabupaten Bangka, karena musim pancaroba berpengaruh terhadap perubahan cuaca yang tidak menentu," kata Koordinator Bidang Data dan Informasi BMKG Pangkalpinang, Kurniaji di Sungailiat, Kamis.

Hanya saja, kata dia, akurasi prakiraan cuaca dapat dilihat satu hari sebelum pelaksanaan, meskipun pihaknya sudah memasukkan data kondisi cuaca hingga tujuh hari ke depan setiap hari.

Baca juga: Basarnas siapkan 20 personel amankan Sungailiat Triathlon 2023

Baca juga: Sungailiat Triathlon 2023 butuhkan 200 personel pengamanan

"Periode pancaroba yang terjadi seperti sekarang sifatnya tidak merata, intensitas bervariasi, periode cenderung singkat dan cakupan area umumnya lebih sempit dan berpencar," jelas dia.

Meskipun intensitas cuaca bervariasi baik di darat maupun di perairan pantai, menurut dia, cuaca  relatif cukup aman bagi para atlet yang mengikuti kegiatan internasional sport tourism Sungailiat Triathlon.

"Sungailiat Triathlon 2023 akan berjalan meriah yang akan diikuti 200 lebih peserta, termasuk Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) Sandiaga Solahuddin Uno," kata Kepala Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Babel Rismy Wira Maddona.

Menparekraf Sandiaga Solahuddin Uno bersama dengan beberapa orang pendamping akan turun ikut sebagai peserta Sungailiat Triathlon nomor Sprint.

Tercatat kategori local sprint distance akan diikuti sebanyak 29 peserta, sprint distance 112 peserta, standart distance sebanyak 65 peserta, dan long distance sebanyak 14 peserta.

Baca juga: Dinparbud Bangka perkuat kerja sama sukseskan Triathlon 2023

Baca juga: Sandiaga Uno akan ikut Sungailiat Triathlon 2023

Pewarta: Kasmono

Editor : Bima Agustian


COPYRIGHT © ANTARA News Bangka Belitung 2023