Dinas Pariwisata Kebudayaan dan Kepemudaan Olahraga Provinsi Kepulauan Bangka Belitung mengatakan daya tarik wisata pantai masih menjadi andalan Babel untuk menggaet kunjungan wisatawan lokal maupun mancanegara. 

"Sejauh ini yang menjadi andalan kita masih wisata bahari yakni pantai," kata Sub Koordinator Pemasaran dan Pariwisata Disparbudkepora Provinsi Kepulauan Babel Anugrah di Pangkalpinang, Selasa.

Ia mengatakan melihat dari kebiasaan orang datang ke Babel pasti mengunjungi pantai-pantai baik di Pangkalpinang, Sungailiat, dan Belitung. 

"Di Pangkalpinang kita ada Pantai Pasir Padi yang dekat dari kota, di Sungailiat ada banyak diantaranya Tanjung Pesona, Parai, dan Tongaci. Dan di Belitung ada Pantai Tanjung Kelayang," katanya. 

Menurut dia minat wisatawan berlibur ke Babel dipengaruhi oleh letak yang strategis karena jarak Jakarta-Babel menggunakan transportasi penerbangan lumayan dekat. 

"Tidak sampai 1 jam sudah sampai," katanya. 

Ia menjelaskan keunikan destinasi wisata pantai di Babel berhasil menggaet wisatawan karena beberapa faktor, pertama karena pantai Babel berbeda dengan pantai kebanyakan seperti di Pulau Jawa atau di Bali. 

"Karakter ombak kita landai jadi untuk keluarga yang berlibur aman dan nyaman," katanya. 

Ia melanjutkan konfigurasi alam yang bagus dengan bebatuan granit membedakan keindahan pantai Babel dengan di daerah lain, karena secara geologis dilewati oleh sabuk granit.

"Ada sabuk granit, jadi itu yang membuat pantai kita berbeda dengan pantai di daerah lain," katanya.

Pewarta: Chandrika Purnama Dewi

Editor : Bima Agustian


COPYRIGHT © ANTARA News Bangka Belitung 2023