Kantor Kementerian Agama (Kemenag) Kabupaten Bangka, Provinsi Kepulauan Bangka Belitung, memperoleh cadangan tujuh calon haji tahun 2023.

"Tujuh orang calon haji cadangan tersebut akan diberangkatkan ke Tanah Suci Mekkah setelah diterbitkan surat keputusan resmi dari Menteri Agama RI," kata Kepala Kantor Kemenag Bangka Senaidi di Sungailiat, Sabtu.

Tambahan cadangan calon haji Indonesia setelah sebelumnya mendapat penambahan jumlah kuota haji dari pemerintah Kerajaan Arab Saudi delapan ribu orang.

"Saat ini masih dalam tahap pembahasan di DPR RI, sehingga belum ada keputusan dari Menteri Agama sekaligus dan menunggu keputusan Presiden RI sebagai dasar penambahan jumlah calon haji di masing-masing daerah," kata dia.

Setelah selesai pembahasan, Kementerian Agama akan membuat petunjuk teknis pelunasan, administrasi, dan hal penting yang lain.

"Dari tujuh orang cadangan tersebut diketahui sudah melunasi semua dan bahkan sudah mempunyai paspor serta sudah melakukan medical check up (pemeriksaan kesehatan)," ujarnya.

Cadangan tujuh calon haji itu bagian dari kuota Bangka Belitung 1.065 orang. Jamaah calon haji asal Bangka Belitung masuk kloter 8, 9, dan 10, yang akan diberangkatkan ke Tanah Suci pada 3, 4, dan 5 Juni 2023.

Terdata jamaah calon haji asal Kabupaten Bangka pada 2023 yang akan menunaikan ibadah haji 261 orang terdiri atas 142 calon haji perempuan dan 119 laki-laki. Usia tertua calon haji asal Kabupaten Bangka pada 2023, yakni 89 tahun dan termuda 22 tahun.

Pewarta: Kasmono

Editor : Bima Agustian


COPYRIGHT © ANTARA News Bangka Belitung 2023