Pemerintah Kabupaten Bangka, Provinsi Kepulauan Bangka Belitung, menyediakan Puskesmas Keliling (Pusling) Air guna mempermudah layanan kesehatan bagi masyarakat pesisir dan wisatawan.

"Pusling Air berupa kapal berfungsi sebagai sarana transportasi petugas, logistik serta sarana pelayanan kesehatan dan juga sarana pendukung promosi kesehatan yang operasionalnya dilakukan untuk menjangkau masyarakat yang hanya bisa dijangkau dengan transportasi air," kata Bupati Bangka Mulkan di Sungailiat, Senin.

Pusling Air mengakomodasi kebutuhan tenaga medis untuk melakukan penanganan  dengan lebih intensif, baik dari segi persediaan obat-obatan dan peralatan maupun dari segi kapabilitas penanganan  medis yang lebih luas.

Pusling Air di wilayah kerja Puskesmas Pariwisata Sinar Baru sebagai rencana pengembangan pelayanan kepada masyarakat luas khususnya  untuk mendukung pariwisata di Kabupaten Bangka, dan diharapkan pula dapat meningkatkan derajat kesehatan yang maksimal

"Dengan tersedianya sarana Pusling Air mampu menunjang penyelenggaraan Kabupaten Bangka sehat dengan destinasi wisata yang beragam," kata Bupati.

Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Bangka, dr Then Suyanti mengatakan Pusling Air di bawah pengelolaan Puskesmas Sinar Baru sebagai salah satu puskesmas pariwisata.

"Pembuatan kapal Pusling Air Puskesmas Sinar Baru bersumber dana DAK fisik regular  bidang kesehatan Tahun Anggaran 2023, Sub bidang penguatan sistem kesehatan dengan metode  E- Purchasing dengan nilai  sebesar Rp1 milliar," jelasnya.

Pewarta: Kasmono

Editor : Bima Agustian


COPYRIGHT © ANTARA News Bangka Belitung 2023