Bupati Bangka Tengah, Provinsi Kepulauan Bangka Belitung Algafry Rahman mengajak warga memaknai momentum Hari Kebangkitan Nasional untuk menyatukan tekad dan semangat membangun bangsa pasca-pandemi COVID-19.

"Kita maknai dengan membangun semangat kebersamaan dan bergotong royong membangun bangsa," ujarnya usai memimpin upacara Harkitnas ke -115 di Koba, Selasa.

Bupati menjelaskan, momentum kebangkitan nasional juga dimaknai dengan mensyukuri segala langkah kemajuan, perbaikan atau bahkan pelajaran yang didapatkan dari perjuangan pendahulu bangsa.

Segenap elemen bangsa kata dia sudah bahu-membahu dan berkolaborasi untuk mewujudkan kebangkitan bangsa dengan gerakan Budi Utomo Tahun 1928.

"Mari kita bersama syukuri kemajuan, perbaikan dan kebangkitan ekonomi global dari berbagai sektor, untuk dijadikan pelajaran dan semangat untuk bangkit,” ujarnya.

Bupati mengajak seluruh elemen masyarakat terus bangkit dan berkontribusi untuk daerah dan bangsa, demi masa depan yang lebih cerah.

"Bangun semangat persatuan dan kesatuan dalam bingkai NKRI, hargai perbedaan dan saling menghormati dalam perbedaan," ujarnya.

Dalam momentum Harkitnas itu, bupati juga memberikan penghargaan kepada pelajar dan ASN berprestasi sebagai bentuk apresiasi atas dedikasi dan kontribusi mereka dalam membangun daerah.

"Hari ini kita juga menyerahkan penghargaan untuk rekan-rekan kita yang berprestasi, tentu ini sesuai dengan harapan bangsa bahwa kita ingat dan mewarisi cita-cita Budi Utomo yang ingin membangkitkan semangat perjuangan bangsa pada masa itu," ujarnya.

Kebangkitan Indonesia di tengah krisis dunia kata dia juga telah ditunjukkan melalui kiprah di berbagai forum internasional.

"Kita harus bangga sebagai bangsa yang besar, kendati terdiri dari berbagai suku dan etnis namun kita tetap bersatu dalam perbedaan," katanya.

Pewarta: Ahmadi

Editor : Bima Agustian


COPYRIGHT © ANTARA News Bangka Belitung 2023