Sebanyak 27 Pelaku Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) mengikuti pameran UMKM Keratif Apresiasi Kreasi Indonesia (AKI) 2023 yang dibuka langsung oleh Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, Sandiaga Uno.

Pameran UMKM Kreatif AKI 2023 ini berlangsung hingga 04 Juni mendatang dan menghadirkan beragam produk kriya, fashion dan kuliner dari pelaku UMKM yang lulus mendaftarkan diri menjadi anggota AKI 2023. 

"Sengaja kita pilih Kota Pangkalpinang yang pertama sebelum kita bergerak ke kota lainnya karena Pameran Kreatif AKI 2022 akan hadir di 16 kota yang ada di Indonesia selama 6 bulan kedepan," kata Sandiaga Uno usai membuka langsung dan menjadi mentor utama dalam sharing sessioan Pameran Kreatif UMKM AKI 2022 di Pangkalpinang, Sabtu.

Ia mengatakan, pameran kreatif UMKM AKI 2023 hadir untuk mewarnai kebangkitan dan menjadi lokomotif untuk pemulihan ekonomi pasca pandemi. Beragam pelaku UMKM dari Bangka, Belitung, Padang, Palembang dan Jambi menawarkan beragam produk unggulannya.

Baca juga: Sandiaga: Kopi Madu Musong Pangkalpinang terbaik

Baca juga: Bupati Belitung sambut baik rencana penerbangan internasional di Belitung

"Hal ini menunjukkan ekosistem ekonomi kreatif kita semakin kuat dan pesat untuk menggapai target pencapaian 44 juta lapangan kerja baru untuk masyarakat Indonesia dan diperiode ini sudah 45 persen tercapai, kita optimis dan yakin akan tercapai di akhir tahun 2023.

Di pameran kreatif UMKM AKI 2023, pelaku UMKM Bangka menonjolkan produk kuliner serta fashion seperti TanahWari. Namun produk kriya yang ditonjolkan juga menjadi bagian 75 persen subsektor unggulan untuk ekonomi kreatif kita.

Menurut Sandi jika di Pangkalpinang memilih kuliner, kota-kota lain juga dapat melihat kekuatan subsektor lain karena ekonomi kreatif ada 17 subsektor yang dapat menciptakan lapangan kerja 6 kali lipat lebih banyak dibanding sektor ekonomi lain.

"Untuk fashion dan produk kuliner harus di bantu packagingnya agar lebih tahan lama seperti produk rendang yang bisa langsung makan tadi kedepan agar produksinya bisa lebih dipromosikan untuk lebih dikenal agar nanti bisa go internasional," ujarnya.

Sandiaga berharap melalui pameran kreatif UMKM AKI 2023, para pelaku UMKM di daerah dapat terinspirasi dan termotivasi karena seorang pengusaha harus terus bekerja keras, bekerja cerdas dan bekerja tuntas.

"Dalam mempromosikan produk ke luar negeri, kita juga punya dubes diluar negeri yakni dubes Amerika yang dulu adalah seorang mantan ketua kadin. Beliau sangat aktif mempromosikan produk kita dam produk Babel sangat bisa kita bawa ke Amerika," tutupnya.

Baca juga: Sandiaga Uno apresiasi desa wisata kreatif Terong

Baca juga: Menparekraf Sandi targetkan 4,4 juta lapangan kerja baru

Pewarta: Elza Elvia

Editor : Bima Agustian


COPYRIGHT © ANTARA News Bangka Belitung 2023