Sebanyak 114 calon haji asal Kabupaten Bangka Tengah, Provinsi Kepulauan Bangka Belitung, dijadwalkan berangkat ke Embarkasi Palembang di Provinsi Sumatera Selatan pada Minggu, 4 Juni 2023.

"Calon haji sudah mulai berangkat hari ini, menginap dulu semalam di Asrama Haji Bangka Belitung, dan pada Minggu (4/6) mulai melakukan perjalanan menuju Embarkasi Palembang," kata Bupati Bangka Tengah Algafry Rahman dalam acara pelepasan jamaah calon haji di Bangka Tengah, Sabtu.

Setelah sampai di Embarkasi Palembang, jamaah asal Bangka Tengah akan diberangkatkan ke Kota Madinah dari Bandar Udara Internasional Sultan Mahmud Badaruddin II.

Menurut Bupati, calon haji asal Bangka Tengah akan bergabung dengan jamaah dari Kabupaten Bangka Barat, Kabupaten Bangka, Kabupaten Bangka Selatan, dan Kota Pangkalpinang di Embarkasi Palembang.

"Sebelum diberangkatkan memang sengaja kita kumpulkan semua calon haji di satu tempat agar sama-sama berangkat dan tidak terpencar-pencar," kata Algafry.

"Saya meminta kepada para calon haji agar dapat kompak dan saling bantu satu sama lain mengingat dalam rombongan jamaah banyak yang sudah lanjut usia," katanya.

Di antara jamaah calon haji asal Bangka Tengah yang akan diberangkatkan ke Tanah Suci ada Rihana Yati (61), seorang warga Kecamatan Koba.

Rihana, yang menunggu berangkat haji sejak tahun 2011, menuturkan bahwa perasaannya campur aduk karena tidak bisa berhaji bersama sang suami.

"Perasaan saya campur aduk. Senang bisa berangkat dan juga sedih tidak didampingi suami. Naik haji cita-cita suami saya hingga akhir hayat, tapi Allah berkehendak lain, Beliau lebih dulu berpulang sebelum menunaikan haji," katanya.

Rihana membawa foto suaminya, menaruh foto itu di bagian depan tas selempang.

"Ini foto Bapak. Bapak sudah meninggal, sekarang ibu bawa untuk berhaji bersama," kata Rihana, meneteskan air mata saat mengenang sang suami.
 

Pewarta: Ahmadi

Editor : Bima Agustian


COPYRIGHT © ANTARA News Bangka Belitung 2023