Penjabat Gubernur Kepulauan Bangka Belitung Suganda Pandapotan Pasaribu menyebutkan Badan Usaha Milik Daerah Perseroan Terbatas Penjaminan Kredit Daerah (PT Jamkrida) Babel harus lebih efektif memberi manfaat untuk Pemprov Babel dan masyarakat, karena banyaknya masukan untuk membuat Jamkrida  menjadi perusahaan yang lebih efektif dan efisien. 

"Apalagi setiap tahun mungkin kita ada penyertaan modal. Nah kira-kira dengan penyertaan modal yang kita berikan itu berimbang serta ada manfaat yang diterima Provinsi Babel dan masyarakat," kata Pj Gubernur Suganda saat melakukan audiensi bersama Komisaris Independen Jamkrida  Babel Dyah Pitaloka di Gedung Ombudsman Kuningan Jakarta, Senin. 

Ia mengatakan Jamkrida Babel memiliki misi untuk meningkatkan kegiatan ekonomi lokal di Kepulauan Bangka Belitung, yakni meningkatkan sumber pendapatan asli daerah, dan memberikan jasa penjaminan pembiayaan kepada koperasi dan usaha, mikro, kecil, serta menengah.

"Nah mudah-mudahan dengan pertemuan ini, ke depan kita adakan pertemuan lagi, duduk bersama-sama dengan semua pihak," katanya. 

Komisaris Independen PT Jamkrida Babel Dyah Pitaloka menyampaikan bahwa peran komisaris independen adalah sebagai pengawas. 

"Ini ada OJK masuk, menyampaikan poin-poin untuk evaluasi, dan jika kita ingin maju harus ada pembenahan dengan melakukan berbagai inovasi," katanya. 

Ia menjelaskan inovasi perlu dilakukan guna mewujudkan visi Jamkrida Babel, yakni menjadi perusahaan penjamin kredit yang sehat dan kuat guna meningkatkan kemampuan pendanaan dan memperlancar kegiatan usaha koperasi, mikro, kecil dan menengah. 

"Serta meningkatkan pertumbuhan ekonomi daerah sehingga mampu menyerap tenaga kerja, mengurangi pengangguran, dan kemiskinan dalam rangka meningkatkan kesejahteraan masyarakat," katanya.

Pewarta: Chandrika Purnama Dewi

Editor : Bima Agustian


COPYRIGHT © ANTARA News Bangka Belitung 2023