Pemerintah Provinsi Kepulauan Bangka Belitung mengoptimalkan strategi "4P", sebagai langkah memajukan pariwisata dalam upaya mendorong pertumbuhan ekonomi masyarakat di Negeri Serumpun Sebalai itu.

"Kami berharap melalui "4P" ini, pemerintah dan masyarakat bersama-sama bergandeng tangan untuk membangun daerah ini," kata Penjabat Gubernur Kepulauan Babel Suganda Pandapotan Pasaribu dalam keterangan pers diterima LKBN ANTARA Babel di Pangkalpinang, Selasa.

Ia mengatakan "4P" ini merupakan strategi Pemprov Kepulauan Babel untuk memajukan pariwisata, P pertama yaitu produk UMKM apa saja yang bisa dijual di event nasional maupun internasional. Selanjutnya, P kedua yaitu Price.

"Mengapa kami selalu membenahi infrastruktur, menghubungkan darat laut udara, kalau bandara baik, harga tiket terjangkau, banyak orang yang datang ke Pulau Bangka dan Belitung," ujarnya.

Untuk P yang ketiga yakni promosi berbagai kuliner khas daerah, budaya, destinasi wisata bahari, budaya, religi dan sejarah. Terakhir P keempat adalah program di antaranya Program Gubernur Langsung Eksekusi Kerja Bersama Membangun Bangka Belitung (Gule Gabung)

"Program Gule Kabung ini lebih efisien dan mengena ke masyarakat," ujarnya.

Ia menyatakan filosofi dan makna dari Gule Kabung atau secara nasional dikenal dengan gula aren, memiliki makna yang dalam dan pohon aren mulai dari pohon, daun, buah, semua bisa bermanfaat.

"Dalam program ini, saya bersama para kepala OPD terkait dan forkopimda serta instansi vertikal menginap ke desa atau kelurahan untuk mendengar aspirasi langsung dari masyarakat, dan sekaligus langsung menjawab solusi apa saja sebagai tindak lanjut dari aspirasi masyarakat tersebut," katanya. 


 

Pewarta: Aprionis

Editor : Rustam Effendi


COPYRIGHT © ANTARA News Bangka Belitung 2023