Dinas Perhubungan Kabupaten Bangka Selatan,Provinsi Kepulauan Bangka Belitung mengeluarkan tiga instruksi kepada Pihak PT.SNS untuk melakukan pengangkutan Tandan Buah Segar(TBS) dari Pulau Lepar menuju Pelabuhan Sadai Kecamatan Tukak Sadai.

"Berdasarkan hasil rapat kemarin bersama pihak Perwakilan PT.Swarna Nusa Sentosa (SNS) kita menginstruksikan tiga opsi alternatif kepada pihak perusahaan diantaranya mengganti kapal tongkang dengan  kapal jenis LCT,"kata Kepala Dinas Perhubungan Kabupaten Bangka Selatan Zamroni kepada Wartawan di Toboali,Selasa(6/06).

Disampaikannya selain itu juga pihak perusahaan harus  melakukan sewa kapal penyeberangan jenis roro dan ketiga harus membangun pelabuhan khusus (pelsus).

"Ketiga alternatif itu harus segera dilaksanakan agar pengangkutan TBS ke pelabuhan Sadai dapat dilakukan,"kata dia.

Menurut Zamroni pihak perusahaan akan segera menindaklanjuti opsi yang ditawarkan pihak Pemerintah Daerah melalui Dinas Perhubungan.

"Pihak perwakilan PT. SNS menyampaikan menerima instuksi dari Dishub Basel dan akan segera menyampaikan ke manager perusahaan atas tiga alternatif opsi yang harus dilakukan,"kata dia.

Dirinya menjelaskan pihak pemda melalui Dishub bagian Unit Pelaksana Tehnis pada Pelabuhan Penyeberangan Sadai hanya berwenang memungut retribusi jasa kepelabuhan sesuai perda yang berlaku.

"Wewenang kita hanya memungut retribusi jasa Ke Pelabuhan sesuai dengan Peraturan Daerah yang berlaku,"kata dia.

Pewarta: Juniardi

Editor : Rustam Effendi


COPYRIGHT © ANTARA News Bangka Belitung 2023