Dinas Koperasi, Usaha Kecil Menengah (DKUKM) Provinsi Kepulauan Bangka Belitung (Babel) memberi penyuluhan Haki kepada 33 pelaku UMKM yang ada di daerah.

"Melalui kegiatan ini, kami harap pelaku UMK mendapatkan pengetahuan, memahami hak dan kewajiban dalam konteks hukum bisnis dan etika bisnis serta dapat mengimplementasi secara efektif dalam kegiatan sehari-hari untuk usahanya," kata Kepala Dinas Koperasi dan UKM Prov Kep Bangka Belitung, Yulizar Adnan saat membuka kegiatan penyuluhan hukum bagi UMK Kota Pangkalpinang, di Gedung UPTD Balatkop UMKM, Selasa.

Yulizar mengatakan pelaku UKM telah berkontribusi secara signifikan terhadap perekonomian lokal dan memberikan lapangan kerja bagi masyarakat. Oleh karena itu, Pemprov terus berkomitmen untuk mendukung dan mendorong pertumbuhan serta keberlanjutan UMKM di Babel, salah satunya melalui kegiatan penyuluhan hukum bagi UMKM.

Penyuluhan hukum tentang HAKI memiliki tujuan yang sangat mulia yakni memberikan pemahaman dan pengetahuan hukum yang relevan seperti HAKI kepada pelaku UMKM, karena pengetahuan yang baik mengenai aspek hukum merupakan salah satu faktor kunci dalam keberhasilan dan keberlanjutan UMK.

Hal ini menjadi langkah awal yang bermanfaat dalam meningkatkan literasi hukum dan memperkuat perlindungan HAKI bagi UMKM karena pengetahuan HAKI dan etika bisnis yang baik ini jadi faktor kunci dalam meraih keberhasilan dan keberlanjutan usaha pelaku UMKM.

Sebagaimana diketahui, pada era digital ini banyak sekali terjadi pelanggaran HAKI yang kompleks dan cukup luas. Oleh karena itu, pelaku UMKM harus memahami dengan baik tentang HAKI, proses pendaftaran serta perlindungan HAKI.

HAKI ini merupakan perlindungan hukum yang berikan kepada pencipta atau pemilik suatu karya intelektual seperti hak cipta, hak paten, hak merek dagang, desain industri.

"Pelaku UMKM harus memiliki pemahaman tentang HAKI dan prosedur pendaftarannya sehingga bisa menjaga dan melindungi inovasi, kreativitas serta daya saing produk atau layanan yang dihasilkan dari penyalahgunaan atau penggunaan tanpa izin oleh pihak lain," ujarnya.

Selain itu, perlindungan HAKI juga memberikan keuntungan kompetitif bagi UMK. Dengan memiliki HAKI yang terdaftar, pelaku UMK dapat menunjukkan kepada pasar bahwa produk atau layanan yang diberikan memiliki keaslian dan kualitas yang terjamin.

"Dengan adanya HAKI maka akan memberikan kepercayaan kepada konsumen, meningkatkan citra brand (merek) serta memberikan daya tarik bagi mitra bisnis potensial," katanya.

Yulizar juga mengingatkan, bahwa pemahaman mengenai HAKI bukan hanya sebatas registrasi atau perlindungan hukum semata. Akan tetapi pelaku UMK juga harus memahami etika bisnis yang melibatkan penggunaan HAKI.

"Pelaku UMK harus memahami etika bisnis, seperti menghormati hak-hak pencipta lain, menghindari pelanggaran terhadap hak cipta serta menjaga kerahasiaan rahasia dagang yang dimiliki," ujarnya.

Yulizar berharap, kegiatan ini dapat diikuti dengan baik dan sungguh-sungguh. Karena selain menambahkan pengetahuan, kegiatan ini juga dapat menjadi sarana untuk saling share pengalaman, ide, dan best practice antar pelaku UMK sehingga bisa memperkaya pengetahuan dan wawasan.

"Melalui kegiatan ini kalian bisa meningkatkan pengetahuan mengenai HAKI, saling berbagi pengalaman dan memperkuat kolaborasi antar sesama pelaku UMK. Sehingga dapat UMKM Babel bisa semakin kuat, berdaya saing serta kompetitif dan tentu bisa mendorong pertumbuhan ekonomi yang inklusif dan berkelanjutan di wilayah Babel," pungkasnya.

Pewarta: Elza Elvia

Editor : Bima Agustian


COPYRIGHT © ANTARA News Bangka Belitung 2023