Aparatur Sipil Negara (ASN) Pemerintah Provinsi Kepulauan Bangka Belitung melakukan panen sayur mayur program inovasi Budidaya Lahan Upaya Ekonomis, Gerakan Replikasi Ekosistem Elok dan Natural "Blue Green".

"Hari ini kami melakukan panen bersama aneka sayur mayur Program Blue Green ini," kata pengagas Program Inovasi Blue Green Babel Erifan di Pangkalpinang, Rabu.

Ia mengatakan Blue Green ini merupakan program gerakan penanaman berbagai sayur mayur seperti cabai, bayam, buncis, kacang panjang, terong, buah semangka, melon dan lada putih dengan memanfaatkan lahan kosong di Komplek Perkantoran Pemprov Kepulauan Babel.

"Para ASN boleh memanennya dan membawanya pulang ke rumahnya untuk keluarganya," ujarnya.

Menurut dia inovasi blue green ini tidak hanya untuk menghijaukan lahan kosong di lingkungan pemerintah provinsi, tetapi juga dapat membantu ekonomi ASN dalam memenuhi kebutuhan sayur mayur keluarganya.

“Sehabis jam kerja saya dan ASN lainnya meluangkan waktu membersihkan dan mengolah lahan kosong ini, sehingga berbagai tanaman sayur dan buah-buahan ini dapat hidup dengan baik,” katanya.

Penjabat Gubernur Kepulauan Babel Suganda mendukung inovasi Blue Green yang diinisiasi oleh salah seorang ASN Pempro Kepulauan Babel Irifan, karena dinilai sangat bagus dan perlu didukung supaya hal seperti ini dapat ditiru oleh ASN yang lainnya.

"Saya sangat setuju sekali kegiatan seperti ini. Lahan pekarangan kantor yang selama ini tidak dimanfaatkan, sekarang memiliki nilai ekonomis. Kita bisa mendapatkan sayuran dan buah-buahan, pekarangan kantor menjadi hijau dan bersih, serta menghasilkan nilai lebih," katanya.  

Pewarta: Aprionis

Editor : Bima Agustian


COPYRIGHT © ANTARA News Bangka Belitung 2023