Pemerintah Kabupaten Bangka Barat akan memanfaatkan ajang kegiatan Pekan Olahraga Provinsi Kepulauan Bangka Belitung 2023 sebagai ajang promosi pariwisata agar semakin tumbuh dan dirasakan manfaatnya oleh masyarakat.

"Bangka Barat selain memiliki keindahan alam yang tidak kalah dari daerah lain, juga memiliki keunggulan terutama di sektor wisata sejarah dan budaya. Ini yang akan kita kenalkan kepada seluruh peserta, kontingen dan para tamu dari daerah lain se-Babel yang akan hadir dalam Porprov VI di Bangka Barat," kata Wakil Bupati Bangka Barat Bong MIng Ming di Mentok, Minggu.

Ia menjelaskan hampir di setiap desa dan kecamatan di Kabupaten Bangka Barat dengan keberagaman penduduk yang ada di dalamnya memiliki adat tradisi dan kebiasaan masyarakat yang berbeda dan bisa menjadi daya tarik bagi wisatawan.

Selain keragaman budaya yang dimiliki, khusus di Kota Mentok sebagai ibu kota Bangka Barat juga memiliki banyak bangunan bersejarah, baik terkait dengan sejarah perjalanan penambangan bijih timah di Babel maupun sejarah perjuangan Kemerdekaan RI.

Baca juga: Bangka Barat siapkan rute perjalanan kirab obor Porprov Babel

Bangka Barat yang memiliki catatan sejarah panjang dalam perjalanan pengakuan Kemerdekaan RI, pada medio 1948-1949, terutama peristiwa pengasingan delapan pejabat tinggi negara RI, termasuk Soekarno dan M. Hatta diasingkan Kolonial Belanda di Mentok.

Selain itu, Kota Mentok beberapa tahun lalu juga telah ditetapkan sebagai salah satu kota pusaka di Indonesia, pencapaian ini sebagai penegas bahwa Mentok memang memiliki banyak sejarah yang bisa dikembangkan sebagai salah satu potensi penggerak sektor pariwisata.

"Ini saatnya kita menunjukkan eksistensi kita, bahwa kita sebagai negeri Melayu yang sarat dengan adat istiadat, seni dan budaya. Melalui kegiatan Porprov kami harapkan bisa menumbuhkan sektor pariwisata sehingga perekonomian masyarakat semakin membaik," katanya.

Selain itu, Porprov juga diharapkan bisa menjadi sarana untuk mempersatukan tujuh kabupaten/kota se-Babel agar ke depan bisa tumbuh dan bergerak bersama dalam setiap lini pembangunan.

"Kalah menang itu bukan yang utama, tetapi persatuan dan kebersamaan harus menjadi hal penting untuk dikedepankan," katanya.

Baca juga: Bangka Barat matangkan persiapan teknis Porprov Babel 2023

Melalui pekan olahraga tersebut Pemkab bangka Barat akan menyajikan berbagai kegiatan adat tradisi, beserta seni dan budaya yang ada di Kabupaten Bangka Barat.

"Jangan sampai acara ini kehilangan makna. Porprov ini akan menjadi kegiatan rutin dan itu akan menjadi tanggung jawab kami. Jadi semangat kebersamaan akan kita munculkan kembali," katanya.

Terkait dengan persiapan tempat pelaksanaan kegiatan, Bong Ming Ming mengatakan semua perlengkapan pengadaan sudah dalam proses, bahkan ada beberapa bagian yang sudah sampai di lokasi tinggal penyelesaian akhir.

"Memang ada beberapa alat-alat pertandingan yang awalnya bermasalah, tapi sudah dipesan lagi, dan kita pastikan, Porprov di Bangka Barat dari sisi perlengkapan dan persiapan akan siap sesuai jadwal yang sudah ditetapkan," katanya.

Terkait proses pembangunan sarana dan prasarana pendukung Porprov dijadwalkan akan selesai pada bulan Juli 2023 dan pada Agustus sudah dalam kondisi siap pakai.

Baca juga: Jelang Porprov 2023, PT Timah berikan fasilitas latihan bagi atlet Karate Bangka Barat

Pewarta: Donatus Dasapurna Putranta

Editor : Joko Susilo


COPYRIGHT © ANTARA News Bangka Belitung 2023