Pengurus cabang Pergerakan Mahasiswa Islam Indonesia (PMII) Bangka berkolaborasi dengan pengurus cabang pergerakan mahasiswa Islam Indonesia kota pangkal pinang menggelar Pelatihan Kader Dasar (PKD) Kegiatan tersebut dilaksanakan di panti asuhan Al ikhlas kota pangkal pinang, Jumat-Minggu, 9-11 Juni 2023.

Kegiatan Pelatihan Kader Dasar PKD merupakan kegiatan formal dalam proses kaderisasi di organisasi PMII. Acara ini digelar selama tiga hari sejak jumat (9/6) hingga minggu (11/06) dengan mengusung tema “Tranformasi dan Manifestasi kader mujahid dalam aktualisasi  terhadap nilai-nilai PMII diera disrupsi”.

Agenda ini diikuti oleh 52 peserta yang berasal dari komisariat universitas Bangka Belitung, STISIPOL P12, IAIN SAS Babel, Atma luhur dan stikes citra delima.

Ketua cabang PMII pangkal pinang Akbar Izza Fadilah  mengatakan kader harus militan sesuai nilai nilai PMII.Saya berharap kegiatan ini bukan hanya sebagai formalitas atau hanya memenuhi syarat kepentingan pribadi saja, melainkan mampu menjadi kader ideologis, loyal, militan, serta memiliki komitmen dan integritas terhadap nilai-nilai PMII," ucapnya.

Akbar juga menegaskan bahwa kader harus bermanfaat bagi masyarakat.

Agar nantinya kader memberikan kebermanfaatan bagi mahasiswa itu sendiri maupun masyarakat, karena para peserta adalah calon-calon pejuang dan pengurus PMII baik itu di kabupaten Bangka maupun dikota pangkal pinang  masa yang akan datang. Maka, mereka harus siap secara intelektual dan mental untuk menghadapi realita yang ada," tegas Akbar.
 
Sementara itu, ketua PMII  Cabang Bangka, Odi Arkani mengimbau kepada panitia pelaksana PKD agar bisa menempa kader-kader PMII baik secara intelektual maupun secara mental.

Karena para peserta adalah calon-calon pejuang dan pengurus PMII di masa yang akan datang. Maka, mereka harus siap secara intelektual dan mental untuk menghadapi realita yang ada ini tugas panitia agar serius memperhatikan proses peserta," ucap odi.

Selain itu saya juga menyampaikan bahwa ini merupakan kegiatan yang sangat penting untuk dilakukan oleh pengurus PMII baik tingkat Rayon maupun komisariat sebagai bentuk aktif dan hidupnya roda kehidupan nya organisasi bahwa PMII juga merupakan organisasi kaderisasi yang harus terus mampu menciptakan regenerasi, tandasnya.

Pewarta: Ichan Habibi

Editor : Bima Agustian


COPYRIGHT © ANTARA News Bangka Belitung 2023