Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (Pemdes) Kabupaten Bangka mengungkapkan Kelurahan Sungailiat dan Desa Kimak Merawang berhasil meraih juara I lomba administrasi pemerintahan kelurahan dan desa, kemasyarakatan, kewilayahan serta pembangunan di tingkat Provinsi Kepulauan Bangka Belitung 2023.

Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa Kabupaten Bangka, Dalyan Amrie di Sungailiat, Kamis, mengatakan Kelurahan Sungailiat dan Desa Kimak Merawang berhasil meraih juara I tingkat provinsi setelah melalui sejumlah tahapan seleksi.

"Tahapan awal seleksi berikutnya, tim penilai regional Sumatera akan menyeleksi administrasi pemerintahan kelurahan dan desa, kemasyarakatan, kewilayahan dan pembangunan," jelas dia.

Baca juga: Pemkab Bangka Barat kuatkan pemerintahan desa untuk sukseskan pembangunan

Dia mengatakan, baik Kelurahan Sungailiat dan Desa Kimak, akan mewakili provinsi Bangka Belitung untuk mengikuti seleksi di tingkat regional Sumatera pada pertengahan Juli 2023 mendatang.

Tercatat ada 10 provinsi di Indonesia dengan wilayah regional masing - masing untuk menetapkan lima kelurahan dan desa, kemudian terjaring hanya tiga kelurahan dan desa yang nantinya mendapat undangan ke Istana Presiden.

"Saya sarankan, pemerintah Kelurahan Sungailiat dan Pemerintah Desa Kimak, dapat mempersiapkan segala dokumen yang diperlukan untuk mengikuti seleksi tingkat regional, termasuk pembenahan infrastruktur kantor agar mendapat nilai tambah," jelasnya.

Baca juga: Pemkab Bangka Tengah awasi penyelenggaraan pemerintahan desa

Dalam seleksi lomba ini, kata dia, peran aktif masyarakat dalam terlibat dan mendukung pembangunan menjadi pertimbangan tim penilai.

"Kami akan membantu semaksimal mungkin dengan mempersiapkan data dukung yang dibutuhkan dengan harapan Kelurahan Sungailiat dan Desa Kimak berhasil meraih juara satu di tingkat regional Sumatera," ujarnya.

Penetapan Kelurahan Sungailiat dan Desa Kimak Merawang berhasil meraih juara satu tingkat Provinsi Bangka Belitung dituangkan dalam surat keputusan Nomor 188.44/327/DINSOSPMD/2023 tentang Penetapan Juara Lomba Desa dan Kelurahan Tingkat Provinsi Kepulauan Bangka Belitung Tahun 2023, yang ditandatangani Penjabat Gubernur, Suganda Pandapotan Pasaribu.

Baca juga: Presiden Ke Yogyakarta Bertemu Asosiasi Pemerintahan Desa

Pewarta: Kasmono

Editor : Joko Susilo


COPYRIGHT © ANTARA News Bangka Belitung 2023