Toboali (Antara Babel) - Pemerintah Kabupaten Bangka Selatan, Provinsi Kepulauan Bangka Belitung, menerima penghargaan dari Kementerian Kesehatan karena berhasil menyukseskan Pekan Imunisasi Nasional (PIN) Polio.

"Penghargaan ini diberikan karena tingkat kesuksesan penyelenggaraan PIN Polio mencapai 99,3 persen dari semua balita yang wajib mengikuti PIN," kata Kepala Dinas Kesehatan Bangka Selatan, Ahmad Sabirin di Toboali, Kamis.

Ia menjelaskan, untuk menyukseskan PIN ini diantara melakukan razia (sweeping) ke rumah-rumah warga yang memiliki balita agar mendatangi pos PIN yang disediakan oleh petugas.

Selain itu juga diarahkan setiap Puskesmas agar selalu siap melayani warga yang hendak melaksanakan imunisasi polio yang digelar secara serentak.

"Pencapaian penyelenggaraan PIN Polio di atas target yang ditetapkan Menteri Kesehatan sebesar 95 persen," katanya.

Ia mengatakan, pada pelaksanaan PIN Polio, petugas kesehatan hampir setiap hari mendatangi rumah warga sehingga 99,9 persen balita di kabupaten ini mendapatkan imunisasi polio.

"Petugas kesehatan tidak tinggal diam, mereka jemput bola, agar seluruh balita ini terbebas polio," ujarnya.

Menurut dia, program PIN ini dilaksanakan agar para balita di Bangka Selatan bebas dari penyakit polio mulai dari tahun ini hingga tahun-tahun mendatang.

"Dengan adanya program PIN Polio ini diharapkan masyarakat Bangka Selatan bebas dari penyakit polio baik masa sekarang maupun yang akan datang," katanya.

Pewarta: Juniardi

Editor : Mulki


COPYRIGHT © ANTARA News Bangka Belitung 2016