Penjabat Gubernur Kepulauan Bangka Belitung Suganda Pandapotan Pasaribu menginginkan E-Sport Babel mendunia, karena raihan prestasi Timnas E-Sport Indonesia sebagai juara umum di ajang Southeast Asian (SEA) Games Kambodja 2023 sukses memotivasi para atlet E-Sport Babel untuk berprestasi di level tertinggi.

"E-Sport ini olahraga yang membutuhkan Intelegensi yang tinggi, artinya para atlet yang bertanding ini merupakan atlet yang memiliki keterampilan itu, terlebih kita di kepulauan, menurut riset dunia, kita di kepulauan punya modal Intelegensi dan kecerdasan diatas rata-rata, dengan kemampuan ini tentu harus dimanfaatkan untuk dapat terus maju berprestasi bukan hanya di level nasional tapi juga internasional," kata Pj Gubernur Babel Suganda Pandapotan di Pangkalpinang, Jum'at. 

Ia mengatakan anak-anak di kepulauan memiliki kelebihan itu dan merupakan modal yang baik dan harus dimanfaatkan untuk dapat mengantarkan E-Sport Babel berprestasi bukan hanya di level nasional tapi juga Internasional. 

Ia menjelaskan Kejurda yang dilaksanakan 16-18 Juni 2023 itu mempertemukan atlet E-Sport dari 7 kabupaten/kota di Babel, dengan 4 cabang permainan yang dipertandingkan, yakni PUBG Mobile, Mobile Legends, Free Fire, dan E-Football. 

"Pemenang dari Kejurda ini akan mewakili Babel di ajang Pekan Olahraga Wilayah (Porwil) Riau Oktober 2023 mendatang, serta dipersiapkan untuk Pekan Olahraga Nasional (PON) Sumatera Utara 2024 mendatang," katanya. 

Ketua Pengurus Provinsi (Pengprov) E-Sport Indonesia (ESI) Babel Imam Santoso menyampaikan Babel menargetkan 4 emas di ajang Porwil Pekanbaru yang akan dilaksanakan Oktober 2023 mendatang, ia juga berharap Kejurda ini mampu menjadi ajang seleksi atlet E-Sport nasional.

"Tadi kita sudah berbincang dengan KONI, mengenai target Porwil, karena kita hanya turun di 4 game, kalau bisa kita sikat habis, kita targetkan 4 emas," katanya. 

Menanggapi optimisme Ketua Pengprov ESI Babel, Pj Gubernur Suganda menyampaikan siap mendukung apapun yang menjadi kebutuhan para atlet E-Sport, melalui KONI (Komite Olahraga Nasional Indonesia) dan Disparbudkepora (Dinas Pariwisata Kebudayaan dan Kepemudaan Olahraga) Provinsi Babel, dengan harapan dukungan itu mampu memicu semangat para atlet dalam meraih prestasi.

"Kita mendukung, nanti apapun yang menjadi kebutuhan para atlet bisa difasilitasi melalui KONI dan Disparbudkepora, supaya para atlet semangat, kita tunjukan anak kepulauan anak yang cerdas dan pandai, tidak hanya berprestasi di level nasional tapi internasional," katanya. 

Sementara itu Kejurda E-Sport Babel diselenggarakan oleh Pengprov ESI Babel, atas dukungan PLN Bangka, pembukaan kegiatan juga turut dihadiri Komandan Korem 045/Garuda Jaya, Kapolda Babel, serta unsur Forkopimda Provinsi Babel lainnya, menunjukan E-Sport Babel sudah menjadi cabang olahraga yang mendapat perhatian dan dukungan khusus dari berbagai kalangan.

Pewarta: Chandrika Purnama Dewi

Editor : Bima Agustian


COPYRIGHT © ANTARA News Bangka Belitung 2023