Pemerintah Kabupaten Belitung Timur, Provinsi Kepulauan Bangka Belitung, mendorong semangat berwirausaha kaum milenial melalui kegiatan pekan kreasi pemuda dan bazar UMKM.

"Pekan kreasi pemuda dan bazar UMKM sengaja kami gelar sebagai wadah bagi kalangan milenial untuk mengekspresikan bakat dan minat, berinovasi dan berkreasi dalam bidang ekonomi," kata Asisten III Bidang Administrasi Umum Pemkab Belitung Timur Haryoso di Manggar, Sabtu.

Pekan kreasi pemuda yang digelar pada 14 hingga 18 Juni 2023 itu diikuti sebanyak 30 pemuda yang memiliki semangat berwirausaha.

"Pekan kreasi pemuda dapat menjadi pematik untuk meningkatkan kreativitas dan menunjukkan bakat pemuda," ujarnya.

Baca juga: Kemenkop latih 60 pelaku UMKM Babel peningkatan akses pasar

Kegiatan ini juga dapat menjadi wadah menyalurkan bakat dan kreasi positif pemuda. Para peserta dapat menjadi contoh bagi pemuda yang lain dalam menggali, mengasah dan menunjukkan kreasi mereka.

Haryoso ingin agar kegiatan ini dapat dijadikan pijakan bagi UMKM dalam upaya menghadirkan inovasi baru baik dari pemasaran maupun kualitas produk sehingga berdampak pada peningkatan jangkauan usaha.

"Saya juga berharap dengan eksistensi UMKM di tengah masyarakat, produk lokal hasil kerajinan tangan serta kuliner lokal semakin bangkit. Sehingga nantinya ekonomi daerah meningkat dan berimplikasi pada kesejahteraan masyarakat,” ujar Haryoso.

Baca juga: Bangka Tengah dorong UMKM bangun rumah produksi

Kepala Dinas Pemuda dan Olahraga Kabupaten Belitung Timur Amrizal mengatakan pekan kreasi pemuda fokusnya untuk menyalurkan bakat dan minat pemuda, meningkatkan perekonomian masyarakat dan wirausahawan kreatifitas pemuda.

"Ada 30 UMKM yang ambil bagian dalam kegiatan ini, semuanya dimiliki oleh pemuda dan kegiatan ini merupakan upaya untuk menumbuhkan minat bakat pemuda sekaligus merangsang minat penciptaan wirausaha muda,” kata Amrizal.

Ia mengatakan, kegiatan tersebut merupakan wadah para pemuda dalam mengembangkan dan meningkatkan kreativitasnya masing-masing.

"Nantinya mereka para wirausahawan muda bakal didorong agar mengikuti ajang wirausaha muda pemula yang digelar setiap tahunnya,” ujar Amrizal.

Baca juga: Pupuk Indonesia dukung pengembangan UMKM nasional lewat PaDi UMKM Expo 2023

Pewarta: Ahmadi

Editor : Joko Susilo


COPYRIGHT © ANTARA News Bangka Belitung 2023