Pemerintah Kabupaten Bangka Tengah, Provinsi Kepulauan Bangka Belitung (Babel) mengoptimalkan program bantuan sosial beras kesejahteraan daerah (rastrada).

"Rastrada ini program bantuan sosial yang menyasar warga berekonomi lemah dan para lanjut usia," kata Bupati Bangka Tengah di Koba, Selasa.

Ia menjelaskan, dana untuk menjalankan program rastrada berasal dari APBD Kabupaten Bangka Tengah dan sudah bergulir dalam beberapa tahun ini terutama sejak daerah dilanda pandemi COVID-19.

"Penyediaan beras kami bekerja sama dengan Perum Bulog dengan kualitas premium atau sangat layak dikonsumsi masyarakat," ujarnya.

Bupati juga mengatakan, bahwa program rastrada dalam rangka memperkuat ketahanan pangan daerah dan membantu memenuhi kebutuhan pokok warga berekonomi lemah.

"Kita harus memperkuat ketahanan pangan daerah, jangan sampai krisis pangan dan saya tidak ingin melihat warga saya tidak makan karena kekurangan beras," ujarnya.

Kepala Dinsos PMD Bangka Tengah, Fadlillah mengatakan, bahwa penyaluran rastrada rutin dilaksanakan karena melihat kondisi masyarakat di Bangka Tengah yang masih banyak membutuhkan perhatian.

"Saat ini rastrada kita sasar kepada warga yang sakit di pelosok desa, dimana bupati langsung menyerahkannya sambil melihat warganya yang sakit," ujarnya.

Dinsos PMD dalam pemberian bantuan tersebut berkoordinasi dengan perangkat desa agar penyalurannya tepat sasaran.

"Tentu pihak desa lebih tahu mana warganya yang layak mendapatkan bantuan, daftar nama warga penerima manfaat tentu ada di desa," demikian Fadillah.

Pewarta: Ahmadi

Editor : Bima Agustian


COPYRIGHT © ANTARA News Bangka Belitung 2023